Elkan Baggott: Shin Tae Yong Membentuk Saya di Timnas Indonesia

Baggott banyak dibantu Shin di Timnas

Jakarta, IDN Times - Penggawa Timnas Indonesia, Elkan Baggott, bercerita mengenai peran Shin Tae Yong dalam kariernya di Timnas. Baggott mengatakan, sosok asal Korea Selatan itu sukses membentuk dirinya di skuad Garuda.

"Saya bertanding dengan baik bersama Timnas U-19 Indonesia, dan juga punya hubungan yang baik bersama pelatih kepala (Shin Tae Yong). Dia yang membentuk dan membantu saya lolos ke Timnas senior," ujar Baggott dalam podcast bersama 433.

1. Baggott akui punya hubungan dekat dengan Shin

Elkan Baggott: Shin Tae Yong Membentuk Saya di Timnas IndonesiaPemain keturunan Elkan Baggott saat mengikuti latihan bersama Timnas U-19 di Stadion Madya pada 8 Agustus 2020. (IDN Times/Herka Yanis).

Lebih jauh, Baggott mengaku bahwa dia punya hubungan dekat dengan Shin, kendati ada batasan bahasa antara dirinya dengan Shin. Beruntung, dia punya teman yang bisa membantu menerjemahkan bahasa Korea.

"Saya punya hubungan sangat dekat dengan dirinya (Shin), meski ada keterbatasan bahasa. Ada teman saya bernama Jim yang membantu menerjemahkan. Shin itu orangnya baik, peduli, dan juga detail," tutur Baggott.

Baca Juga: Elkan Baggot, Antara Kebanggaan dan Gol ke Gawang Malaysia

2. Baggott bangga bisa dilatih Shin Tae Yong

Elkan Baggott: Shin Tae Yong Membentuk Saya di Timnas IndonesiaShin Tae-yong. (Website/pssi/org)

Baggott mengungkapkan, dia bangga bisa diasuh oleh Shin, Dengan pengalamannya yang mentereng sebagai pelatih dan juga pemain, banyak ilmu yang bisa didapat oleh pemain yang kini membela Gillingham FC tersebut.

"Saya sangat bangga bisa dilatih olehnya karena dia adalah pelatih yang berpengalaman. Saya memerhatikan pengalaman karier dia sebagai pemain dan pelatih di Korea Selatan," ujar Baggott.

Baca Juga: Elkan Baggot, Pemuda Indonesia Pertama yang Main di Kompetisi Inggris

3. Target Baggott bersama Timnas Indonesia

Elkan Baggott: Shin Tae Yong Membentuk Saya di Timnas IndonesiaDebut Elkan Baggott bareng Timnas U-19. (Instagram/@elkanbaggott).

Baggott berujar, terdekat, dia memiliki dua target bersama Timnas Indonesia. Target pertama, Baggott ingin membawa skuad Garuda lolos dari fase grup Piala Asia 2023.

Target kedua, Baggott ingin membawa Timnas Indonesia memenangi trofi Piala AFF 2022. Khusus Piala AFF ini, Baggott mengaku ingin membayar kegagalan pada gelaran 2020 silam.

"Pertama, target yang utama adalah membawa Timnas Indonesia lolos dari fase grup Piala Asia 2023. Sebelumnya kami berhasil lolos kualifikasi. Kedua adalah juara Piala AFF. Terakhir kali kami hampir juara, namun kalah dari Thailand di final," kata Elkan Baggott.

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya