Erick Thohir Rangkap Jabatan di PSSI, Urus Wasit Juga

Erick resmikan diri sebagai Ketua Komite Wasit PSSI

Jakarta, IDN Times - Sebuah pemandangan aneh muncul di PSSI. Erick Thohir kini rangkap jabatan, tak hanya Ketua Umum. Erick juga menjabat sebagai Ketua Komite Wasit di PSSI.

"Komite Wasit itu dipimpin saya sendiri. Supaya, tidak ada intervensi nanti komite-komite lain yang akan diumumkan. Kami sedang bicara satu dan lainnya. Jadi, Komite Wasit saya pimpin sendiri," ujar Erick di Jakarta, Rabu (5/7/2023).

1. Bisa cepat ambil tindakan terhadap oknum nakal

Erick Thohir Rangkap Jabatan di PSSI, Urus Wasit JugaIlustrasi wasit. (Pixabay.com/planet_fox)

Erick menyatakan keputusannya menjadi Ketua Komite Wasit didasari agar bisa cepat mengambil tindakan soal wasit. Apalagi, kinerja wasit juga menjadi sorotan dalam beberapa musim terakhir.

"Jadi, kalau ada yang aneh-aneh kan bisa dihukum seumur hidup langsung. Karena memang komitmennya seperti itu kan, bersama Pak Kapolri," kata Erick.

Baca Juga: Chris John Ajak Erick Thohir Bangkitkan Tinju Indonesia

2. Tak main-main soal wasit nakal

Erick Thohir Rangkap Jabatan di PSSI, Urus Wasit JugaWasit-wasit di Liga 1. (pssi.org)

Erick menegaskan tidak akan main-main dalam menghukum wasit nakal. Tidak cuma wasit, pemain, pelatih, dan pemilik klub yang juga nakal akan kena hukum, bahkan bisa seumur hidup.

"Kalau di PSSI itu dihukum seumur hidup untuk wasit, pemain, pengurus, maupun pemilik klub. Karena kalau cuma dihukum penjara, dua atau tiga tahun, nanti balik lagi mengatur sepak bola Indonesia. Beda dengan hukuman seumur hidup, pasti gatal dia," kata Erick.

Baca Juga: Cerita Wasit Liga 1 Soal Tes JFA, Berstandar FIFA dan Berat

3. Sebuah tradisi baru di PSSI

Erick Thohir Rangkap Jabatan di PSSI, Urus Wasit JugaTes seleksi wasit Liga 1 dan Liga 2 oleh JFA. (pssi.org)

Lazimnya, orang yang mengisi Komite Wasit PSSI berasal dari salah satu anggota Komite Eksekutif (Exco). Di era kepemimpinan Mochamad Iriawan, jabatan ini dipegang oleh Ahmad Riyadh.

Sekarang, Erick Thohir langsung yang turun tangan mengemban tugas sebagai Ketua Komite Wasit PSSI.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya