Comscore Tracker

Hal-hal yang Perlu Kamu Tahu Soal Piala Menpora 2021 

Piala Menpora 2021 jadi turnamen pramusim jelang Liga 1

Jakarta, IDN Times - PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) akan menggelar turnamen pramusim bernama Piala Menpora 2021. Selain menjadi ajang pramusim, turnamen ini juga akan jadi tolak ukur penerapan protokol kesehatan dalam pertandingan sepak bola di Indonesia.

"Rencana ada turnamen pra kompetisi 2021. Apabila turnamen pramusim bisa berjalan baik, suporter tertib, protokol kesehatan terlaksana, maka Liga 1 dan 2 akan diizinkan. Ini jadi uji coba, nanti dilihat pihak kepolisian, bisa tidak federasi dan suporter menjalankan protokol kesehatan?" ujar Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan dalam siaran YouTube Kemenpora, Kamis (18/2/2021).

Baca Juga: [BREAKING] Polri Beri Izin Turnamen Pramusim Liga 1 dan Liga 2

1. Kapan Piala Menpora 2021 ini digelar?

Hal-hal yang Perlu Kamu Tahu Soal Piala Menpora 2021 Dok. PSM Makassar (Ahmad Alia)

Berdasarkan pemaparan dari Iriawan dalam Silaturahmi Virtual Menpora dengan para Pemangku Kepentingan Sepak Bola Indonesia sore tadi, Piala Menpora 2021 rencananya digelar pada 20 Maret hingga 25 April 2021. Dan hanya dalam beberapa jam saja, pihak polisi telah memberi lampu hijau kompetisi pramusim tersebut dijalankan.

Tajuk Piala Menpora diambil sebagai bentuk apresiasi atas upaya Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Zainudin Amali, yang berkomitmen membantu penyelenggaraan kompetisi olahraga di Indonesia, termasuk sepak bola.

"Kenapa memakai nama ini? Karena Kemenpora akan mendampingi, melihat apa saja kekurangan kami (dalam menggelar kompetisi). Karena, ini situasi baru, jadi Pak Menpora bisa melihat kekurangan-kekurangan tersebut," ujar Iriawan.

"Kami juga berterima kasih kepada Menpora yang tahu betul kesulitan federasi, menjamin secara pribadi berjalannya liga. Jadi, kami sangat merasa pantas untuk menamakan turnamen ini Piala Menpora 2021," lanjut pria yang karib disapa Iwan Bule tersebut.

2. Bagaimana teknis pelaksanaan Piala Menpora 2021?

Hal-hal yang Perlu Kamu Tahu Soal Piala Menpora 2021 Pesepakbola PSM Makassar Ferdinand Sinaga (kanan) berusaha melewati pesepakbola Mitra Kukar O.K John (kiri) pada pertandingan leg ke-2 Perempat Final Piala Presiden 2015 di Stadion Mattoanging Gelora Andi Mattalatta Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (26/9/2015). (ANTARA FOTO/Yusran Uccang)

Nantinya, Piala Menpora 2021 ini akan diikuti oleh 20 klub, yang terdiri dari 18 klub Liga 1 dan dua klub Liga 2. Nantinya, 20 klub ini akan dibagi dalam empat grup. Dengan demikian, satu grup akan diisi oleh lima klub dan berkumpul di satu kota yang ditunjuk sebagai tuan rumah.

Berikut peserta dari Piala Menpora 2021, berdasarkan pemaparan dari PSSI: Persiraja Banda Aceh, Persita Tangerang, Persija Jakarta, Tira-Persikabo, PSMS Medan (Liga 2), Sriwijaya FC (Liga 2), PSIS Semarang, Bhayangkara Solo FC, PSS Sleman, Persib Bandung, Persela Lamongan, Arema FC, Persik Kediri, Persebaya Surabaya, PSM Makassar, Madura United, Bali United, Barito Putera, Borneo FC, dan Persipura Jayapura.

Kota-kota yang diprediksi bakal menjadi tuan rumah adalah Solo, Bandung, Sleman, dan Malang. Ada juga kota-kota alternatif yang bisa jadi tuan rumah, seperti Palembang. Lepas fase grup, juara dan runner-up akan lolos ke babak delapan besar.

Di babak delapan besar nanti, laga akan berlangsung dengan sistem single match, dengan perpanjangan waktu dan penalti. Empat tim yang lolos akan melaju ke semifinal, dengan sistem pertandingan yang sama dengan babak delapan besar.

Dua tim yang menang di babak semifinal akan melaju ke final, sedangkan tim yang kalah akan memperebukan tempat ketiga. Sistem pertandingannya masih sama dengan babak delapan besar dan semifinal. Untuk venue delapan besar hingga final nanti, masih belum ditentukan oleh LIB dan PSSI.

3. Piala Menpora 2021 akan disiarkan langsung di TV

Hal-hal yang Perlu Kamu Tahu Soal Piala Menpora 2021 Liga-Indonesia.id

Lebih lanjut, Piala Menpora 2021 rencananya akan menggelar 48 pertandingan. Semua pertandingan akan disiarkan secara live di TV, baik itu dalam bentuk Free to Air (Antenna UHF), IPTV atau Pay TV, serta lewat Streaming via HP.

Hal ini seiring dengan upaya dari PSSI dan PT LIB yang mengajak agar suporter menonton dari rumah. Iriawan berharap, semua pihak berkomitmen dalam mendukung kesuksesan Piala Menpora 2021 agar nanti izin Liga 1 dan Liga 2 dapat keluar.

"Bagaimana Liga 1 nantinya akan bergulir, nantinya secara khusus akan ada lagi pertemuan dengan para petinggi klub. Tapi, ini (Liga 1 dan Liga 2) bisa bergulir jika turnamen pramusim (Piala Menpora 2021) berjalan lancar. Saya mohon komitmen semuanya," ujar Iriawan.

Baca Juga: PSSI: Liga 1 dan Liga 2 Tanpa Penonton serta Nobar

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya