Hattrick Gustavo Almeida Bawa Arema Imbangi Persib

Persib sempat unggul hingga menit 80

Jakarta, IDN Times - Arema FC meraih hasil imbang dalam laga pekan kedua Liga 1 2023/24. Bersua Persib Bandung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Jumat (7/7/2023) malam WIB, tim berjuluk 'Singo Edan' itu bermain imbang 3-3.

Gol-gol di laga ini dicetak Gustavo Almeida dos Santos ('6, '17, '88) untuk Arema, serta Ciro Alves ('10, '54) dan David da Silva ('38) untuk Persib. Khusus bagi 'Maung Bandung', ini jadi hasil imbang kedua mereka di Liga 1 2023/24.

Di awal-awal babak pertama, Persib jadi tim yang lebih dominan dalam menyerang. Namun, justru mereka kecolongan lewat gol yang dicetak Gustavo Almeida pada menit enam, memanfaatkan kesalahan sapuan dari bek Persib.

Tertinggal satu angka, Persib tidak panik. Mereka berupaya untuk menyamakan angka, dengan mengandalkan serangan dari sisi kiri yang dimotori Daisuke Sato dan Edo Febriansah. Upaya ini berbuah hasil pada menit 10.

Menerima umpan matang Beckham Putra, Ciro Alves sukses melesakkan bola ke gawang Arema lewat sepakan kaki kanannya. Skor berubah 1-1, Persib mulai meningkatkan intensitas tekanan mereka.

Namun, seketika intensitas itu naik, Persib justru kebobolan lagi. Pada menit 17, pelanggaran di dalam kotak penalti membuat Arema mendapatkan hadiah penalti. Gustavo Almeida yang menjadi algojo sukses membobol gawang Persib. Skor berubah 2-1.

Tertinggal lagi kedua kalinya dari Arema, Persib tetap tidak panik. Intensitas tekanan tetap mereka jaga. Beberapa peluang mereka ciptakan, mengandalkan duet Ciro Alves dan David da Silva. Aklan tetapi, lini pertahanan Arema mampu mengatasi itu.

Akhirnya, pada menit 37, Persib menyamakan angka. Kali ini, sepakan Da Silva berhasil membawa kedudukan kembali seimbang antara Arema dan Persib. Skor berubah 2-2, dan skor ini bertahan sampai babak pertama tuntas.

Memasuki babak kedua, Persib masih jadi tim yang lebih dominan ketimbang Arema. Namun, berbeda dengan babak pertama, 'Maung Bandung' memperbaiki lini pertahanan mereka di babak kedua ini. Mereka lebih rapat.

Hal itu memaksa Arema untuk meninggikan garis pertahanan mereka. Keuntungan pun didapat Persib. Memanfaatkan ruang di lini pertahanan, mereka mencatatkan keunggulan di menit 54, via sepakan terukur Ciro yang menerima umpan Marc Klok.

Balik tertinggal dari Persib justru menjadikan Arema main lebih spartan. Para pemain asing mereka mulai menunjukkan taji. Tidak cuma Gustavo Almeida, Charles Lokolingoy, Ariel Lucero, dan Charles Almeida mulai tampil ciamik.

Di sisi lain, Persib juga acap mencuri-curi kesempatan lewat serangan balik. Mereka juga melakukan beberapa pergantian untuk menjaga intensitas permainan, dengan masuknya Frets Butuan, Rezaldi Hehanusa, dan Robi Darwis.

Sementara Arema, mereka memasukkan Arkhan Fikri, Hamdi Umanailo, Dedik Setiawan, dan Samsudin. Pergantian ini ditujukan untuk menambah daya gedor di lini serang Arema, yang mulai menurun di pertengahan babak kedua.

Di sisa waktu babak kedua, Arema berusaha keras mencetak angka penyama. Upaya mereka berbuah hasil pada menit 88. Pelanggaran terhadap Lokolingoy di kotak penalti membuat Arema mendapatkan hadiah penalti.

Gustavo Almeida yang menjadi algojo sukses melakoni tugasnya lagi dengan baik. Skor berubah 3-3, kedudukan imbang lagi di akhir babak kedua. Arema kembali membahayakan via Dedik. Upaya ini masih gagal.

Hingga laga tuntas, skor 3-3 untuk kedua tim tidak berubah. Tak ada pemenang antara Arema dan Persib, dan ini jadi hasil imbang kedua setelah hasil imbang lain antara PSS lawan Persis pada Jumat (7/7/2023) sore WIB.

Baca Juga: Hadapi Persib, Arema FC Masih Dihantui Rekor Buruk

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya