Hokky Caraka Gemilang, Timnas U-20 Gilas Timor Leste di GBT

Timnas U-20 masih harus berbenah

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia U-20 berhasil meraih kemenangan dalam laga pembuka Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Bersua Timor Leste di Stadion Gelora Bung Tomo, Rabu (14/9/2022) malam, skuad Garuda Nusantara menang dengan skor telak, 4-0.

Hokky Caraka menjadi bintang di laga ini dengan mencetak hattrick untuk Timnas U-20 di laga ini, yakni di menit 12, 30, dan 49. Satu gol lainnya dicatatkan oleh Rabani Tasnim pada menit 90.

Sejak babak pertama, Timnas U-20 langsung tampil menekan. Mereka tidak membiarkan Timor Leste mengembangkan permainan. Hasilnya, Garuda Nusantara langsung mencatatkan keunggulan pada menit 12.

Berawal dari umpan akurat Kakang Rudianto, Hokky yang menerima bola di kotak penalti langsung mencetak gol lewat kaki kanannya. Skor berubah 1-0 untuk Timnas U-20. Selepas unggul, Indonesia sempat mengendur.

Beberapa kali, Timor Leste memberikan ancaman untuk lini pertahanan Timnas U-20. Beruntung, Cahya Supriadi tampil apik di laga ini. Dia melakukan beberapa penyelamatan penting untuk menghalau serangan balik yang tajam dari para pemain Timor Leste.

Pada menit 30, Timnas U-20 akhirnya membuat Timor Leste kembali tersentak. Kembali diawali umpan akurat Kakang, Hokky mencetak gol kedua di laga ini lewat sundulannya. Skor berubah 2-0 untuk keunggulan Indonesia.

Di sisa waktu babak pertama, Timnas U-20 berupaya keras untuk menambah gol. Namun, upaya mereka gagal. Sementara itu, Timor Leste pun sulit keluar dari tekanan para penggawa Garuda Nusantara. Alhasil, skor 2-0 untuk keunggulan Indonesia bertahan sampai babak pertama tuntas.

Memasuki babak kedua, Timnas U-20 masih lebih dominan dibandingkan Timor Leste. Baru empat menit babak kedua berjalan, Timnas U-20 kembali menambah gol. Lagi-lagi diawali dengan umpan dari sisi kanan, Hokky mencetak gol lewat sundulannya. Skor berubah 3-0, dan Hokky resmi mencatatkan hattrick di pertandingan ini.

Unggul tiga gol, Timnas U-20 main lebih santai. Namun, mereka tetap memberikan tekanan bagi lini pertahanan Timor Leste, meski tidak seintens di babak pertama.

Akan tetapi, yang perlu disoroti dari Timnas U-20 di laga ini adalah pola serangan yang mereka terapkan. Kebanyakan, serangan-serangan yang dilepaskan belum terorganisir dengan baik. Serangan masih acap mengandalkan kualitas individu.

Untungnya, organisasi di lini pertahanan Timor Leste pun kurang apik. Alhasil, beberapa kali Timnas U-20 mampu menembus lini pertahanan Timor Leste. Pertahanan Indonesia pun perlu pembenahan, lantaran acap memberikan Timor Leste ruang untuk menyerang.

Memasuki menit 70, permainan mulai melamban. Serangan-serangan Timor Leste sudah tidak terlalu tajam. Pun dengan Timnas U-20, mereka sudah tidak terlalu menggebu dalam menekan lini pertahanan Timor Leste. Mereka menekan dengan santai.

Di sisa waktu babak kedua, Timnas U-20 menambah satu gol lagi lewat gol sundulan Rabani Tasnim pada menit 90. Garuda Nusantara menang dengan skor 4-0 atas Timor Leste, mengawali perjalanan mereka dengan apik di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Baca Juga: Pesan Shin Tae Yong ke Timnas U-20 Jelang Lawan Timor Leste

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya