IFeL SEA Champonship 2023 Dibuka, 8 Negara Turut Serta

IFeL lebarkan sayap ke Asia Tenggara

Jakarta, IDN Times - Gelaran Indonesia Football e-Sport League (IFeL) SEA Championship 2023 resmi dibuka pada Kamis (13/7/2023). Ada delapan negara Asia Tenggara yang ikut dalam ajang ini, dengan total hadiah mencapai puluhan juta rupiah.

CEO IFeL Putra Sutopo berkata, gelaran IFeL SEA Championship 2023 ini merupakan langkah awal dari IFeL untuk menggelar ajang-ajang besar lain ke depan. Sebelumnya, IFeL sukses menggelar IFeL Liga 1 2021 dan 2022.

"Ke depannya, kami akan membuka peluang untuk menggelar ajang-ajang besar macam IFeL Asia Championship hingga IFeL World Championship," ujar Putra di Jakarta, Kamis (13/7/2023).

1. IFeL siapkan hadiah Rp75 juta

IFeL SEA Champonship 2023 Dibuka, 8 Negara Turut SertaCEO IFeL, Putro Sutopo. (IDN Times/Tino).

Gelaran IFeL SEA Championship 2023 ini memperebutkan hadiah yang lumayan besar, meski berstatus gelaran perdana. Total hadiah Rp75 juta hingga trofi siap diberikan kepada pemenang di ajang ini.

"Untuk hadiahnya itu karena ini baru pertama jadi Rp 75 juta, dan rencananya yang menang dari Southeast Asia akan mewakili ke Asia dan pemenang Asia itu melaju ke kejuaraan dunia dan kita akan buat kejuaraan dunia edisi IFeL," ujar Putra.

Baca Juga: Cerita Kakak Beradik Peraih Medali Emas SEA Games Esport Wanita

2. Menggunakan format baru

IFeL SEA Champonship 2023 Dibuka, 8 Negara Turut SertaIFeL Liga 1 2021. (Dok. Humas IFeL)

Putra berkata, gelaran IFeL SEA Championship 2023 ini menggunakan format baru. Ada dua kategori platform yang dipertandingkan, yakni konsol dan mobile.

Ajang ini akan dihelat dalam dua babak, yakni fase grup dan fase gugur. Di fase grup, delapan negara yang jadi peserta akan tergabung dalam satu grup dengan sistem round robin.

Memasuki fase gugur, format best of three akan diterapkan. Jika sampai gim ketiga tak ada pemenang, akan dilakukan koin tos untuk menunjuk negara yang akan memilih platform di gim ketiga, baik itu konsol atau mobile.

"Kami ikuti aturan dari KONAMI. Kami hanya diperbolehkan menggunakan klub yang berlisensi. Jadi klub-klub yang bekerja sama dengan KONAMI Itu yang akan kami gunakan dari para peserta,” terang Putra Sutopo.

3. Daftar peserta IFeL SEA Championship 2023

IFeL SEA Champonship 2023 Dibuka, 8 Negara Turut SertaIFeL SEA Championship 2023. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Kompetisi IFeL SEA Championship 2023 akan berjalan selama 4 hari, mulai pada tanggal 13 Juli - 16 Juli 2023. Ajang ini akan disiarkan di Glance, Youtube, dan TikTok IFeL. Berikut adalah daftar peserta dari ajang ini.

Indonesia : Puspamba Ibrahim (Console), Dennis Bernard Khu (Mobile)

Malaysia : Mohamad Norhaikal (Console), Ahmad Adib (Mobile)

Thailand : Master Sirawut Rungratkasikul (Console), Mr Chomkata Yupraphat (Mobile)

Vietnam : Phong Cat Vo (Console), Nguyen Anh Nhat (Mobile)

Kamboja : Mot Ly (Console), Pov Soenghour (Mobile)

Myanmar : Pyae Phyo Hein (Console), Kaung Thiha Tun (Mobile)

Laos : Tavan Mahounghueng (Console), Soukmangkone Sengthongkham (Mobile)

Brunei Darussalam : Muhd Abdul Qawiy Wafiyuddin Hj Zulaihee (Console), Haji Hazmi Hasnawi bin Haji Rosli (Mobile)

Baca Juga: Bigreds Surabaya Raih Runer-up Esport FIFA Nasional

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya