Indonesia Tekan Brunei Darussalam di Babak I

Indonesia tampil dominan, tapi cuma bisa cetak dua gol

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia unggul dalam babak pertama laga kedua penyisihan Grup A Piala AFF 2022. Bersua Brunei Darussalam di Stadion KLFA, Senin (26/12/2022) sore, skuad Garuda unggul dengan skor 2-0.

Gol-gol di babak pertama ini dicetak Syahrian Abimanyu (20') dan Dendy Sulistyawan (41') untuk Indonesia. Sepanjang babak pertama ini, skuad Garuda bermain cukup nyaman.

Sejak awal babak pertama, Indonesia langsung memberikan tekanan ketat ke lini pertahanan Brunei. Sisi kiri jadi titik di mana Pasukan Garuda kerap melancarkan tekanan, mengandalkan duet Saddil Ramdani-Edo Febriansyah.

Namun, hingga menit 15 laga, Indonesia masih kesulitan membobol gawang Brunei. Pertahanan ketat yang diperagakan oleh Brunei, ditambah minimnya lagi kombinasi di lini serang, membuat gol tak kunjung datang bagi skuad Garuda.

Serangan-serangan yang diperagakan Indonesia ini terbilang monoton. Egy Maulana Vikri lebih banyak beraksi secara individu. Pun dengan umpan-umpan silang yang tidak terarah, sehingga menyulitkan Spasojevic di lini depan.

Namun, pada akhirnya Indonesia memecah kebuntuan di menit 20. Bermula dari serangan di sisi kiri, Spasojevic memberikan umpan pantul kepada Abimanyu. Dia sukses melesakkan bola ke gawang Brunei, membawa Indonesia unggul 1-0.

Unggul satu gol, Indonesia mempertahankan intensitas tekanannya. Namun, di sini tampak lini tengah Indonesia kedodoran. Kurang harmonisnya kolaborasi Abimanyu dan Rachmat Irianto membuat banyak ruang tercipta di lini tengah Indonesia.

Alhasil, beberapa kali Brunei mampu memanfaatkan ruang ini untuk menekan balik Indonesia. Beruntung, kualitas serangan yang tidak terlalu baik membuat lini pertahanan Indonesia mampu menetralisir serangan-serangan ini.

Pada menit 38, Indonesia mendapatkan keuntungan usai salah satu pemain Brunei mendapatkan kartu merah. Unggul satu pemain, Indonesia berhasil mencetak gol kedua ke gawang Brunei Darussalam. Semua berawal dari serangan di sisi kanan.

Umpan silang Asnawi menghadirkan kemelut di lini belakang Brunei. Dendy yang berada di depan gawang sukses menceploskan bola ke gawang Brunei. Skor berubah 2-0. Indonesia menambah keunggulan.

Di sisa waktu babak kedua, Indonesia berusaha menambah keunggulan lagi. Namun, gol ketiga tak kunjung datang. Skuad Garuda pun unggul dua angka atas Brunei Darussalam di babak pertama.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya