IYC 2021: Barcelona Juara, Indonesia Peringkat Ketiga

Barcelona sukses keluar sebagai juara

Jakarta, IDN Times - Ajang Internasional Youth Championship (IYC) 2021 akhirnya rampung pada Selasa (19/4/2022). Barcelona U-18 keluar sebagai juara, sedangkan Indonesia All Stars U-20 harus puas finis di peringkat ketiga.

Barcelona U-18 berhasil menundukkan Atletico Madrid U-18 dengan skor tipis 1-0 dalam laga final yang dihelat di Jakarta International Stadium (JIS). Sedangkan Indonesia All Stars finis di peringkat ketiga usai menang 2-1 atas Bali United.

1. Barcelona tampil dominan di babak pertama

IYC 2021: Barcelona Juara, Indonesia Peringkat KetigaFinal IYC 2021 antara Barcelona lawan Atletico Madrid. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Sejak awal babak pertama, Barcelona tampil dominan atas Atletico Madrid. Mereka mengatur aliran bola sedemikian rupa, serta sesekali melakukan tusukan ketika ada ruang yang bisa dieksploitasi di lini pertahanan Atletico Madrid.

Upaya Barcelona ini membuahkan hasil pada menit awal, tepatnya menit pertama. Manuver Xavier Moreno dari sisi kiri sukses membuat gawang Atletico jebol. Skor berubah 1-0 untuk Barcelona. Mereka main nyaman bermain di laga ini.

Di sisa waktu babak pertama, Atletico berusaha keras lepas dari tekanan Barcelona. Namun, apiknya distribusi bola yang dilakukan Barcelona membuat mereka kesulitan mendapatkan bola. Alhasil, sampai babak pertama tuntas, skor 1-0 tidak berubah.

Baca Juga: Simbiosis Mutualisme Antar Tim Terjadi di IYC 2021

2. Babak kedua, Atletico masih kesusahan

IYC 2021: Barcelona Juara, Indonesia Peringkat KetigaBarcelona dan Atletico Madrid di IYC 2021. (ANTARA/Michael Siahaan)

Memasuki babak kedua, beberapa perubahan dilakukan Atletico dan Barcelona. Perubahan-perubahan ini membuat Atletico jadi lebih menggeliat. Di sisi lain, Barcelona justru mengendurkan tekanan.

Namun, Atletico masih dihinggapi kebuntuan di laga ini. Sama seperti pertemuan pertama kedua tim di babak grup, Atletico kesusahan membobol gawang Barcelona. Mereka acap tertahan di area sepertiga akhir Barcelona.

Alhasil, skor 1-0 untuk keunggulan Barcelona tidak berubah sampai akhir laga. Barcelona keluar sebagai juara IYC 2021.

3. Indonesia All Stars U-20 duduki peringkat tiga

IYC 2021: Barcelona Juara, Indonesia Peringkat KetigaIndonesia All Stars di IYC 2021. (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)

Sementara itu, dua wakil Indonesia, Indonesia All Stars U-20 dan Bali United U-18, bersua di laga perebutan tempat ketiga. Laga ini sendiri berlangsung sengit. Bali United memberikan perlawanan ketat bagi Indonesia All Stars.

Namun, Indonesia All Stars akhirnya mengakhiri laga ini dengan keunggulan, lewat dua gol dari Salmani dan Brylian Aldama. Sedangkan Bali United hanya membalas sekali lewat gol I Nyoman Adi Wirya Tama. Indonesia All Stars masih belum mampu bersaing dengan Barcelona dan Atletico Madrid di IYC 2021 ini.

Baca Juga: Jakarta International Stadium Tuai Pujian dan Kritik Usai Debut IYC

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya