Izin Pengibaran Bendera Palestina di Piala Dunia U-17 Tuai Pujian

Effendi Gazali salut akan sikap Erick Thohir

Jakarta, IDN Times - Tokoh komunikasi politik Indonesia dan pemerhati sepakbola, Effendi Gazali, mengucapkan terima kasih pada Ketua Umum PSSI, Erick Thohir. Ucapan ini hadir sejalan dengan apa yang dia terapkan soal Palestina.

Effendi memang aktif mengajak masyarakat sepakbola Indonesia mengibarkan bendera Palestina di semua pertandingan kompetisi Indonesia dan Piala Dunia U-17 2023. Pucuk dicinta ulam pun tiba, Erick menegaskan PSSI tak akan memberikan sanksi untuk itu.

"Terima kasih, karena PSSI berhasil menyampaikan keinginan bangsa Indonesia pada FIFA. Sekarang, giliran bangsa Indonesia menunjukkan pada dunia, kita sama hebatnya dengan Qatar dan bangsa-bangsa penyelenggara momen sepak bola besar dunia," tutur Effendi dalam keterangan resmi.

1. Menyuarakan keadilan untuk Palestina lewat sepak bola

Izin Pengibaran Bendera Palestina di Piala Dunia U-17 Tuai PujianBendera Palestina berkibar di stadion. (Dok. PSSI)

Effendi menegaskan akan terus mengajak masyarakat untuk mengibarkan bendera Palestina di semua laga Piala Dunia U-17. Namun, tanpa mengutuk atau menghujat negara tertentu. Hanya keadilan untuk Palestina saja disuarakan lewat sepak bola.

"Sepak bola adalah satu satu alat tertinggi dalam olah budaya, bersama olahraga dan seni lainnya. Jadi, kita cukup menyatakan dengan senyum dan tegas, Indonesia selalu bersama Palestina! Indonesia selalu melihat apa yang terjadi di Gaza! Palestina, Anda tidak pernah sendirian!" ujar Effendi.

Baca Juga: Bendera Palestina Boleh Berkibar di Piala Dunia U-17

2. Tetap memberi semangat bagi Timnas U-17

Izin Pengibaran Bendera Palestina di Piala Dunia U-17 Tuai PujianTimnas Indonesia U-17 dalam persiapan Piala Dunia U-17 2023 (dok.PSSI)

Selain berterima kasih pada Erick, Effendi tetap memberikan dukungannya untuk Timnas Indonesia U-17 yang akan berlaga di ajang tersebut. Dia berharap Timnas U-17 asuhan Bima Sakti bisa menunjukkan kemampuan terbaiknya.

"Solidaritas Palestina, semangat pantang menyerah Garuda Muda!" ujar Effendi.

3. PSSI pastikan bendera Palestina boleh berkibar

Izin Pengibaran Bendera Palestina di Piala Dunia U-17 Tuai PujianBendera Palestina berkibar di stadion. (Dok. PSSI)

Erick mengaku sudah berkoordinasi dengan FIFA soal pengibaran bendera Palestina di Piala Dunia U-17 2023 mendatang. Buah dari koordinasi dengan FIFA, hal itu boleh dilakukan.

"FIFA menghargai kebebasan berekspresi. Apalagi pada perlindungan HAM dan kemanusiaan. Ini terutama dalam konteks pengibaran bendera Palestina di Piala Dunia U-17 2023. Jadi PSSI dalam hal ini menegaskan tidak ada pelarangan apalagi sanksi," kata Erick, dilansir situs resmi federasi.

Baca Juga: Profil Stadion Piala Dunia U-17 2023 Indonesia, JIS hingga GBT

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya