Profil Stadion Piala Dunia U-17 2023 Indonesia, JIS hingga GBT

Siap menggelar kejuaraan level dunia

Gelaran Piala Dunia U-17 2023 bakal berlangsung mulai 10 November hingga 2 Desember 2023. Sebagai tuan rumah, Indonesia telah bersiap sejak beberapa bulan lalu. Total, Indonesia menyiapkan empat stadion terbaik untuk menggelar kejuaraan sepak bola paling bergengsi di dunia untuk kelompok umur ini.

Keempat stadion itu adalah Jakarta International Stadium, Si Jalak Harupat, Manahan, dan Gelora Bung Tomo. Keempatnya akan digunakan 24 negara yang ikut serta dalam kejuaraan ini, termasuk timnas Indonesia U-17.

Menurut jadwal, partai semifinal hingga final akan diselenggarakan di Stadion Manahan, Solo. Bagi kamu yang penasaran, berikut profil stadion Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia.

1. Jakarta International Stadium

Profil Stadion Piala Dunia U-17 2023 Indonesia, JIS hingga GBTJakarta International Stadium (instagram.com/jakinstadium)

Jakarta International Stadium (JIS) yang terletak di Jakarta Utara, merupakan stadion teranyar di antara venue lain yang digunakan di Piala Dunia U-17 2023. JIS yang dibangun pada 2019 punya total kapasitas 80 ribu penonton.

Namun demikian, JIS dipastikan hanya menggunakan sebagian tribune saja untuk penonton. Total, hanya 23.422 kursi saja yang disiapkan khusus untuk turnamen ini.

JIS akan menjadi lokasi gelaran babak penyisihan bagi dua grup yang mentas di Piala Dunia U-17 edisi kali ini. Yang pertama adalah pertandingan Grup C yang dihuni Brasil, Iran, Kaledonia Baru, dan Inggris.

Selain itu, ada juga duel seru Grup D yang akan menyajikan persaingan antara Prancis, Burkina Faso, Korea Selatan, dan Amerika Serikat.

2. Stadion Si Jalak Harupat

Profil Stadion Piala Dunia U-17 2023 Indonesia, JIS hingga GBTDebbie Sutrisno/IDN Times

Stadion lain yang digunakan untuk gelaran Piala Dunia U-17 2023 adalah Si Jalak Harupat. Terletak di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, stadion ini mampu menampung sekitar 22.700 penonton.

Si Jalak Harupat ini tercatat merupakan homebase bagi beberapa klub. Selain Persib Bandung, Persikab Kabupaten Bandung, Pelita Bandung Raya (dulu), dan PSKC Kota Cimahi tercatat menjadikan stadion ini sebagai kandangnya. 

Sebelumnya, Si Jalak Harupat juga pernah menjadi venue untuk ajang bergengsi internasional lseperti Asian Games 2018. Kali ini, stadion itu akan menjadi arena bagi negara-negara besar yang berlaga di Piala Dunia U-17.

Tercatat, Grup D yang diisi Jepang, Polandia, Argentina, dan Senegal, bakal saling sikut di Si Jalak Harupat. Sementara itu, Persaingan Grup F yang melibatkan Meksiko, Jerman, Venezuela, dan Selandia Baru, juga bakal berusaha tampil apik di lapangan itu. 

Baca Juga: PUPR Selesaikan Renovasi Seluruh Stadion untuk Venue Piala Dunia U-17

3. Stadion Manahan

Profil Stadion Piala Dunia U-17 2023 Indonesia, JIS hingga GBTStadion Manahan Solo (unsplash.com/Visual Karsa)

Stadion Manahan menjadi salah satu arena terbaik di Piala Dunia U-17 2023. Stadion yang sudah berdiri sejak 1989 itu memiliki kapasitas sebanyak 19.700 orang. Stadion Manahan juga dikenal sebagai markas klub kebanggaan warga Surakarta, Persis Solo.

Menariknya, Manahan dipilih sebagai stadion untuk menggelar partai semifinal hingga final Piala Dunia U-17 2023. Letaknya yang berada di tengah-tengah pulau Jawa dipandang ideal untuk menyambut penonton dari berbagai daerah di tanah air.

Stadion Manahan akan digunakan untuk bertarung bagi negara-negara yang tergabung di Grup B, yaitu Spanyol, Kanada, Mali, dan Uzbekistan.

4. Stadion Gelora Bung Tomo

Profil Stadion Piala Dunia U-17 2023 Indonesia, JIS hingga GBTpotret Stadion Gelora Bung Tomo (instagram.com/gelorabungtomo)

Stadion Piala Dunia U-17 2023 yang terakhir adalah stadion paling Timur pulau Jawa, yaitu Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya. Stadion Gelora Bung Tomo dibangun pada 2008 dengan kapasitas sekitar 44.200 penonton dan menjadi markas tim Bajul Ijo, Persebaya Surabaya.

Gelora Bung Tomo menjadi stadion dengan kapasitas terbanyak pada Piala Dunia U-17 2023. GBT juga menjadi arena bagi skuad Garuda Muda untuk bertarung melawan negara lainnya di Grup A, yaitu Ekuador, panama, dan Maroko.

Selain itu, GBT juga dipilih sebagai stadion untuk menggelar pembukaan dan pertandingan perdana Piala Dunia U-17 2023.

Itulah profil stadion Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia yang berlangsung pada 10 November hingga 2 Desember 2023 mendatang. Masyarakat Indonesia bisa menyaksikan Piala Dunia U-17 2023 dengan membeli tiket di laman resmi fifa.com/tickets. Yuk, semarakkan!

Baca Juga: Jadwal Piala Dunia U-17 2023 di 4 Kota, Catat Ya!

Topik:

  • Yogama W
  • Ilyas Listianto Mujib
  • Yunisda D

Berita Terkini Lainnya