Jay Idzes, Calon Naturalisasi Timnas Indonesia Selanjutnya

Jay Idzes diproyeksikan perkuat Timnas senior

Jakarta, IDN Times - Proyek naturalisasi untuk Timnas Indonesia masih berlanjut. Terbaru, Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, berencana menaturalisasi pemain asal Belanda yang main di Venezia, Jay Idzes.

Pada Rabu (6/9/2023), Idzes sudah datang ke Indonesia untuk melakukan proses administrasi. Idzes diproyeksikan memperkuat Timnas Indonesia di sejumlah ajang senior, termasuk Piala Asia 2023 mendatang,

"Hari ini, saya mengumumkan pemain asal Venezia, Jay Idzes, akan kami proses untuk memperkuat Merah Putih di ajang internasional untuk Garuda Mendunia," kata Erick lewat keterangan tertulisnya, Rabu (6/09/2023).

1. Idzes bukan pemain sembarangan

Jay Idzes, Calon Naturalisasi Timnas Indonesia SelanjutnyaJay Idzes, calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia. (dok. IDN Times/Istimewa)

Erick menyatakan Idzes bukan pemain kaleng-kaleng. Musim lalu, dia adalah andalan Go Ahead Eagles yang finis di posisi 11 Eredivisie. Dia sempat dibidik Timnas Belanda. Namun, dia memilih untuk melakoni naturalisasi bersama Timnas Indonesia.

"Idzes masih berusia 23 tahun. Kariernya sedang menuju puncak. Jadi pemain ini adalah pemain yang sangat potensial dan Insya Allah akan menambah kekuatan Timnas," kata Erick.

Baca Juga: Rizky Ridho Mau Ukir Sejarah Bareng Timnas U-23 di Asia

2. Idzes memiliki darah Indonesia dari kakek dan neneknya

Jay Idzes, Calon Naturalisasi Timnas Indonesia SelanjutnyaTwitter

Idzes merupakan pemain kelahiran Mierlo, Belanda, pada 2 Juni 2000 silam. Darah Indonesia yang mengalir di darahnya didapat dari kakek dan neneknya.

Idzes sudah bermain sepak bola sejak usia tujuh tahun. Awal karier sepak bolanya dimulai ketika dia bergabung dengan salah satu klub amatir, SC Brabant, di Mierlo. Pada usia sembilan tahun, dia dilirik oleh talent scouting PSV Eindhoven.

3. Rekam jejak karier dari Jay Idzes

Jay Idzes, Calon Naturalisasi Timnas Indonesia Selanjutnyawww.ga-eagles.nl/

Idzes berlatih di akademi PSV selama lima tahun. Setelah itu, dia bergabung dengan Akademi VVV-Venlo & Helmodsports pada 2014. Bertahan dua tahun, dia bergabung dengan klub Eerste Divisie lain, FC Eindhoven, dan bermain di tim akademi junior.

Setelah dua tahun, Jay Idzes naik FC Eindhoven dengan mencatatkan 57 penampilan. Dia kemudian pindah ke Go Ahead Eagles hingga awal musim 2023, sampai akhirnya gabung ke Venezia. Dia diharapkan jadi tulang punggung Timnas Indonesia.

Baca Juga: Profil Nathan Tjoe-A-On: Bek Swansea yang Pengin Bela Timnas Indonesia

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya