Comscore Tracker

Jelang City vs MU: Mengenang Comeback Setan Merah di 2017/18

United pernah menghentak City di Etihad

Jakarta, IDN Times - Laga sengit akan tersaji dalam pekan 30 Liga Inggris 2020/21. Manchester United akan menjamu Manchester City di Etihad Stadium, Minggu (7/3/2021) malam.

Secara posisi, kedua tim memang tidak terpaut jauh. United bertengger di posisi ketiga, sedangkan City berada di posisi pertama. Akan tetapi, dari segi raihan poin, kedua tim berselisih jauh. United baru meraih 51 poin, sedangkan City sudah mencatatkan 65 poin.

Manajer City, Pep Guardiola, sudah mengeluarkan ultimatum bahwa mereka akan menjadikan United korban kemenangan ke-22 City di liga. Apalagi, United juga masih diwarnai inkonsistensi setelah ditahan imbang dua kali di dua laga Liga Inggris terakhir.

Akan tetapi, Guardiola tidak boleh lupa bahwa selain catatan United yang acap impresif saat kedua tim bersua di Etihad, ia harus ingat United kerap melakukan comeback. Salah satunya terjadi pada musim 2018/19 silam.

Baca Juga: 5 Klub Tajir Liga Inggris Saat ini, Siapa Terkaya MU atau Man City?

1. Musim 2017/18, City tengah berjaya bersama Guardiola

Jelang City vs MU: Mengenang Comeback Setan Merah di 2017/18goal.com

Musim 2017/18--selain musim ini--mungkin jadi salah satu musim sukses City bersama Guardiola. Ketika itu, City benar-benar digdaya di semua ajang, baik itu kompetisi domestik maupun Eropa. Mereka jadi tim yang benar-benar tidak tersentuh.

Jelang pertemuan dengan United pada April 2018, City tengah dalam perjalanan memastikan diri menjadi juara Liga Inggris. Sebelumnya, mereka juga sudah memastikan diri menjuarai Piala Liga usai membekuk Arsenal di final.

Selain itu, jelang laga lawan United ini pula, catatan City di liga sangat mentereng. Dari 31 laga yang sudah mereka lakoni, mereka hanya kalah sekali. Sisanya, mereka menang 28 kali dan imbang tiga kali. Lalu, bagaimana situasi United saat itu?

Baca Juga: Jelang Manchester City Vs Manchester United Di Premier League, Ini 3 Faktanya!

2. United tengah terseok, meski tetap tampil apik

Jelang City vs MU: Mengenang Comeback Setan Merah di 2017/1890min.com

Musim 2017/18 adalah musim kedua Jose Mourinho menangani United. Setelah mampu mempersembahkan gelar Liga Europa dan Piala Liga di musim perdana, harapan besar tersemat di pundak pria asal Portugal itu untuk membawa United berprestasi musim ini.

Namun, alih-alih tampil apik, United justru inkonsisten. Mereka memang mampu menekan City di awal-awal liga. Akan tetapi, memasuki pertengahan liga, mereka acap kalah maupun meraih hasil imbang dalam beberapa laga krusial.

Alhasil, selisih poin mereka dengan City semakin jauh. Jelang pertemuan dengan City, mereka pun tidak dijagokan untuk menang. Akan tetapi, United justru menunjukkan sebuah hal yang luar biasa di Etihad.

3. United sukses tunda pesta juara City di Etihad

Jelang City vs MU: Mengenang Comeback Setan Merah di 2017/18goal.com

Tanggal 7 April 2018, United dan City akhirnya bertemu di Etihad. Pada babak pertama, semua berjalan manis untuk City. Mereka unggul dua angka lewat gol-gol Vincent Kompany dan Ilkay Guendogan. Tidak ada yang salah. Pendukung City siap berpesta.

Namun, memasuki babak kedua, neraka mulai menghinggapi City. Semua berawal dari dua gol yang dicetak Paul Pogba dalam rentang waktu dua menit, yaknit 53 dan 55, United menggebrak balik. Ketika keadaan 2-2, City mulai panik.

Di situlah United menancapkan keunggulan. Lewat sebuah situasi bola mati, Chris Smalling membalikkan keadaan dan membawa United menang 3-2 di laga itu. Di sisa babak kedua, laga berjalan keras. Wasit bahkan harus mengeluarkan sembilan kartu kuning di laga ini.

Terlepas dari itu, kemenangan ini membuktikan bahwa Manchester United bisa menyengat Manchester City di waktu yang tak terduga. Nah, akankah hal itu terjadi lagi pada Minggu (7/3/2021) malam nanti?

Baca Juga: 5 Rekor Manchester City di Premier League yang Bakal Sulit Dipecahkan

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya