Jelang Laga Persija, Puluhan Penonton Persebaya Diizinkan Masuk SUGBK

Jadi, suporter atau penonton Persebaya?

Jakarta, IDN Times - Sebuah konsolidasi terjadi jelang laga Persija lawan Persebaya dalam laga pekan kelima Liga 1 2023/24. Beberapa penonton 'Bajul Ijo' diizinkan masuk ke Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Minggu (30/7/2023).

Pantauan IDN Times, puluhan penonton Persebaya, yang jumlahnya diperkirakan mencapai 70 orang, hadir ke GBK untuk menonton laga. Sempat tertahan di Hall A Basket GBK, akhirnya setelah melalui konsolidasi, mereka diizinkan masuk ke stadion.

Baca Juga: 3.095 Personel Diterjunkan Kawal Laga Persija vs Persebaya di SUGBK

1. Diizinkan masuk karena memiliki tiket

Jelang Laga Persija, Puluhan Penonton Persebaya Diizinkan Masuk SUGBKPendukung Persebaya di GBK. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Konsolidasi ini melibatkan pihak kepolisian, Security Officer Persija, pihak PT Liga Indonesia Baru (LIB), dan Manajer Fans Relation Persebaya. Dari hasil konsolidasi itu, fans Persebaya yang bertiket diizinkan masuk ke stadion.

"Keputusannya bahwa mereka itu penonton sah karena memilik tiket, ini mereka memiliki tiket berarti mereka membeli dan sebagai penonton biasa. Kita tidak bisa melarang, itu hak mereka," ujar Security Officer Persija, Hiro Paath, kepada para jurnalis.

Baca Juga: Ada Pemain Persija yang Mau Jadi ASN, Bukan Polisi

2. Penonton Persebaya berasal dari berbagai daerah

Jelang Laga Persija, Puluhan Penonton Persebaya Diizinkan Masuk SUGBKPendukung Persebaya di GBK. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Manajer Fans Relation Persebaya, Alex Tualeka, mengatakan, para penonton yang datang berasal dari berbagai daerah, tak hanya dari Surabaya.

"Jadi memang mereka ini semua penonton, dilindungi haknya oleh negara, mereka warga negara biasa, karena kan suporter itu penjelasannya beratribut, mereka datang bernyanyi dan mendukung timnya secara terbuka. Sementara mereka kan tidak," ujar Alex.

Baca Juga: Preview El Classico Persija vs Persebaya, Siapa Terkuat?

3. Persebaya memang hanya bisa mengimbau

Jelang Laga Persija, Puluhan Penonton Persebaya Diizinkan Masuk SUGBKPendukung Persebaya di GBK. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Sebelumnya, pelatih Persebaya Aji Santoso mengatakan, manajemen hanya bisa mengimbau fans agar tidak hadir ke GBK. Jika pada akhirnya ada fans yang datang, itu sudah di luar kuasa manajemen.

"Kalau soal Bonek, saya belum tahu ya hadir atau tidak (di laga Persija lawan Persebaya). Kalau pun hadir kan yang jelas manajemen sudah mengimbau untuk tidak hadir. Akan tetapi, kalau (tetap) hadir ya tidak bisa dicegah," ujar Aji.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya