Soal Nasib STY di Timnas Indonesia, Indra: Ada di Tangan Tuhan

Shin Tae Yong akan dievaluasi PSSI

Jakarta, IDN Times - Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri, berkata bahwa federasi belum menentukan nasib Shin Tae Yong (STY) di kursi pelatih Timnas Indonesia. Dia malah berkelakar, bahwa nasib sosok asal Korea Selatan itu ada di tangan Tuhan.

"Masa nasib orang sama saya? Nasib orang Tuhan dong," ujar Indra di GBK Arena, Jumat (13/1/2023).

1. Evaluasi tetap akan dilakukan PSSI

Soal Nasib STY di Timnas Indonesia, Indra: Ada di Tangan TuhanPelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (IDN Times/Tata Firza)

Indra berkata, meski nasib STY masih abu-abu, evaluasi tetap akan dilakukan federasi terkait kinerja eks pelatih Timnas Korea Selatan tersebut. Mereka akan melakukan evaluasi ketika STY sudah lowong.

"Jadi begini, kami akan lakukan evaluasi dan cari waktu dengan coach Shin kapan dia bisa. Kemarin mau bareng dengan (rapat) Exco tetapi pak Sekjen menyerahkan ke kami, departemen teknik," kata Indra.

Baca Juga: Soal Nasib Shin Tae Yong, PSSI Tunggu Laporan Dirtek

2. Indra Sjafri paham kesulitan STY

Soal Nasib STY di Timnas Indonesia, Indra: Ada di Tangan TuhanShin Tae Yong dalam konferensi pers. (IDN Times/Tino)

Indra berkata, dia paham kesulitan STY dalam membangun tim yang bagus. Ada proses yang harus dilalui, tetapi evaluasi tetap harus dilakukan. Nantinya, hasil evaluasi ini akan disampaikan kepada Ketum PSSI dan Exco (Komite Eksekutif).

"Saya orang teknis, paham betul bagaimana susahnya membangun tim yang bagus. Memang perlu proses, tapi setelah kami diskusi dan evaluasi nanti akan saya laporkan ke Ketua Umum (PSSI) dan Exco. Keputusan tergantung beliau," ujar Indra.

3. STY akan ke Korea Selatan

Soal Nasib STY di Timnas Indonesia, Indra: Ada di Tangan TuhanPelatih Timnas U-19, Shin Tae Yong. (pssi.org)

Dalam waktu dekat, STY rencananya akan segera berangkat ke Korea Selatan. Alhasil, Indra berujar bahwa proses evaluasi diusahakan bisa dilakukan sebelum Shin berangkat ke Korea Selatan.

"Ini kami sedang cari waktu karena Coach Shin juga perlu istirahat. Kalau tidak salah tanggal 16 (Januari) ke Korea Selatan dulu. Apakah sebelum ke Korea bisa evaluasi, ini setelah ini saya akan telepon coach Shin," ujar Indra.

Setelah tugas di Piala AFF 2022 rampung, STY sudah dinanti tugas-tugas lain bersama Timnas Indonesia. Terdekat, dia akan memimpin Timnas U-20 di dua ajang, yakni Piala Asia U-20 2023 dan Piala Dunia U-20 2023.

Baca Juga: Pecat Shin Tae Yong Bukan Solusi, Pengamat Justru Sentil PSSI

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya