Kenangan 2016, Hasil Imbang yang Bawa Indonesia Bekuk Vietnam 

Indonesia terakhir kali ke My Dinh pada 2016

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia akan mengunjungi lagi My Dinh National Stadium pada Senin (9/1/2023). Kali ini, mereka bakal berhadapan dengan skuad The Golden Stars dalam laga leg kedua semifinal Piala AFF 2022.

Terakhir kali, Indonesia mengunjungi My Dinh National Stadium pada 2016 silam. Ketika itu, kendati skuad Garuda gagal meraih kemenangan, akhirnya jadi sesuatu yang manis bagi mereka. Tiket final Piala AFF berhasil mereka kunci.

1. Bertemu di leg kedua semifinal Piala AFF 2016

Kenangan 2016, Hasil Imbang yang Bawa Indonesia Bekuk Vietnam Bek Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam, dalam duel kontra Vietnam di penyisihan Grup B Piala AFF 2020 / Dokumentasi PSSI

Pada leg kedua semifinal Piala AF 2016, Timnas Indonesia berkunjung ke My Dinh National Stadium. Ketika itu, mereka datang dengan keunggulan 2-1 di leg pertama yang berlangsung di Stadion Pakansari, Bogor.

Laga berlangsung ketat. Vietnam yang butuh kemenangan menekan Indonesia sepanjang laga. Le Cong Vinh dan kolega terus memberikan ancaman bagi lini pertahanan Indonesia yang dikawal Fachruddin Aryanto dan Hansamu Yama.

Baca Juga: Kandang Vietnam Bukan Tempat Ramah bagi Timnas Indonesia

2. Jalannya pertandingan saat itu

Kenangan 2016, Hasil Imbang yang Bawa Indonesia Bekuk Vietnam Boaz Solossa melakukan selebrasi bersama Hansamu Yama. Stefano Lilipaly, Lerby Eliandry, dan Zulham Zamrun pada final leg pertama Piala AFF 2016. (affmitsubishielectriccup.com)

Kendati terus menerus ditekan Vietnam, Timnas Indonesia justru mampu mencetak gol lebih dulu di babak kedua. Kerja sama Boaz Solossa dan Stefano Lilipaly berbuah gol. Situasi sempat jadi sulit bagi Vietnam.

Akan tetapi, Vietnam tidak menyerah. Di sisa waktu babak kedua, mereka terus menekan Indonesia. Alhasil, dua gol sukses mereka cetak lewat sontekan Vu Van Thanh dan Vu Minh Tuan. Skor 2-1 di babak normal mengantarkan laga ke babak tambahan.

Di babak inilah, Indonesia kembali menunjukkan kematangan mereka. Terus ditekan Vietnam yang bermain dengan 10 orang, mereka sukses menyamakan angka lewat penalti Manahati Lestusen.

Skor 2-2 pun menutup laga. Meski gagal menang, Indonesia berhak melaju ke final berkat keunggulan agregat 4-3 atas Vietnam. Di final, Indonesia tumbang dari Thailand dan gagal meraih gelar juara.

https://www.youtube.com/embed/ufvjj9uRS6A

3. Enam pemain Vietnam siap balas dendam

Kenangan 2016, Hasil Imbang yang Bawa Indonesia Bekuk Vietnam Laga Timnas Indonesia versus Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jumat (6/1/2023). (IDN Times/Tata Firza)

Dari skuad Vietnam yang mentas di Piala AFF 2022, enam di antaranya pernah bersua Indonesia di semifinal Piala AFF 2016. Mereka adalah Tran Nguyen Manh, Dang Van Lam, Que Ngoc Hai, Bui Tien Dung, Vu Van Thanh, dan Nguyen Van Quyet.

Para pemain yang dulu berstatus pemain-pemain muda, sekarang sudah menjelma jadi tumpuan Vietnam. Tidak cuma itu, tidak banyaknya perubahan yang terjadi di skuad Vietnam menjadikan mereka lebih kompak.

Alhasil, Vietnam tetap menjadi ancaman tersendiri bagi Indonesia. Namun, bukan berarti kenangan manis di Piala AFF 2016 tak akan terulang lagi di Piala AFF 2022 ini, karena hasil 2-2 sudah bisa membawa skuad Garuda lolos ke final.

Baca Juga: Pemain Vietnam Akui Kelelahan, tapi Siap Pukul Mundur Timnas Indonesia

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya