Comscore Tracker

Kenangan Masa Lalu di Babak 16 Besar Piala Eropa 2020

Mereka yang pernah bersua, bertemu kembali

Jakarta, IDN Times - Babak 16 besar Piala Eropa 2020 rupanya menghadirkan banyak kenangan tersendiri. Mereka yang sudah pernah bertemu sebelumnya, ditakdirkan bersua lagi di ajang ini. Terbuka kesempatan untuk membalas luka masa lalu.

Sebanyak 16 tim sudah memastikan tempat di fase gugur Piala Eropa 2020, dengan rincian enam juara grup, enam runner-up grup, dan empat tim peringkat tiga terbaik. Selain Prancis, Portugal, Jerman, Italia, dan Spanyol, tim-tim seperti Kroasia, Swedia, serta Austria juga sukses lolos ke fase ini.

Nah, dari delapan laga yang tercipta di babak 16 besar ini, ada beberapa pertemuan yang menarik untuk ditelisik karena berisikan banyak kenangan tercipta di dalamnya. Pertemuan mana sajakah itu?

Baca Juga: Jadwal Babak 16 Besar Piala Eropa 2020, Siapa Jagoanmu?

1. Inggris vs Jerman, luka di Piala Dunia 2010

Kenangan Masa Lalu di Babak 16 Besar Piala Eropa 2020Inggris vs Skotlandia. (twitter.com/EURO2020)

Inggris dan Jerman akan bertemu kembali di babak 16 besar Piala Eropa 2020. Situasi ini mengingatkan lagi pada pertemuan kedua tim di babak 16 besar Piala Dunia 2010. Generasi muda Jerman ketika itu bersua Frank Lampard dkk. di Afrika Selatan.

Inggris sebenarnya mampu memberikan perlawanan ketat kepada Jerman yang diperkuat Mesut Oezil, Thomas Mueller, serta Bastian Schweinsteiger muda saat itu. Ketika tertinggal 1-2, Inggris sebenarnya mampu menyamakan kedudukan lewat sontekan Frank Lampard.

Namun, wasit menganulir gol tersebut karena mengganggap bola belum melewati garis. Padahal, dalam tayangan ulang, tampak bahwa bola sudah melewati garis gawang. Sontak, Inggris kecewa, dan akhirnya mereka kalah 1-4 di laga itu.

Kenangan buruk inilah yang agaknya akan jadi bumbu pertemuan kedua tim di laga ini. Meski kini sudah diperkuat oleh pemain-pemain generasi baru, laga Inggris lawan Jerman sejak Piala Dunia 1966 lalu kerap hadirkan tensi tersendiri.

https://www.youtube.com/embed/o5QlBHF6ib8

Baca Juga: [BREAKING] Jerman Susah Payah Lolos ke Fase Gugur Piala Eropa 2020

2. Prancis dan Swiss yang selalu bertemu

Kenangan Masa Lalu di Babak 16 Besar Piala Eropa 2020fcbayern.com

Di pertandingan lain, Prancis akan menghadapi Swiss dalam babak 16 besar Piala Eropa 2020. Bagi kedua tim, agaknya pertemuan ini akan jadi laga yang menjemukan. Kenapa demikian?

Sejak 2014, kedua tim memang rutin bertemu. Pada gelaran Piala Dunia 2014, Prancis dan Swiss bertemu di babak grup. Berlanjut ke Piala Eropa 2016, mereka bersua lagi di babak grup. Namun, jika ditarik garis lebih jauh lagi, Prancis dan Swiss sudah rutin bertemu sejak 2004.

Total, jika ditarik sejak 2004, Prancis dan Swiss sudah bertemu enam kali. Mereka Dari enam laga itu, Prancis mampu menang dua kali lawan Swiss, dan sisanya, pertandingan berakhir imbang. Memang, dari catatan tersebut, Prancis terlihat unggul.

Namun, yang tidak bisa dimungkiri adalah, empat hasil imbang dari enam laga juga menunjukkan, Swiss punya potensi untuk merepotkan Prancis. Nah, di babak 16 besar Piala Eropa 2020 nanti, potensi itu tetap ada, apalagi jika menilik penampilan mereka saat membenamkan Turki.

3. Kroasia berpotensi kejutkan Spanyol

Kenangan Masa Lalu di Babak 16 Besar Piala Eropa 2020Kroasia vs Ceko. (twitter.com/EURO2020)

Kenangan indah pernah dicatatkan Kroasia saat bersua Spanyol di Piala Eropa 2016. Ketika itu, mereka bertemu dalam laga babak grup. Kroasia butuh kemenangan, sedangkan Spanyol sudah memastikan satu tempat di fase gugur.

Menghadapi Kroasia yang tampil menggebu-gebu, Spanyol kerepotan. Alhasil, mereka kalah dengan skor 2-1 di laga tersebut, sehingga Kroasia berhasil keluar sebagai juara grup. Takdir pun mempertemukan mereka kembali di Piala Eropa 2020 ini.

Spanyol di Piala Eropa 2020 adalah tim yang tidak terlalu menjanjikan. Mereka memang sukses menundukkan Slovakia dengan skor 5-0, tetapi mereka ditolong oleh buruknya permainan Slovakia. Di sisi lain, Kroasia mampu bersaing baik dengan Republik Ceko dan Skotlandia di fase grup.

Jika tidak waspada, Spanyol bisa saja mengulangi hasil buruk di Piala Eropa 2016. Mereka bisa terjerembab di tangan Kroasia dan harus pulang dari Piala Eropa 2020 lebih cepat.

Baca Juga: 5 Hal Menarik Saat Spanyol Permalukan Slovakia di Laga Terakhir Grup F

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya