Comscore Tracker

Ketum PSSI: Posisi Shin Tae Yong di Timnas Indonesia Aman

Shin sudah dikunci kontrak jangka panjang

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, menyatakan bahwa posisi Shin Tae Yong di kursi pelatih Timnas Indonesia aman. PSSI memang sudah mengunci Shin dengan kontrak jangka panjang berdurasi empat tahun.

"Shin Tae Yong kami kontrak 4 tahun dengan perpanjangan setiap tahun. Itu ada program yang berkesinambungan, yang tidak serta merta secara instan Timnas harus bagus, Shin bukan pesulap. Dia tidak mungkin secara instan bisa bikin Timnas langsung bagus," ujar Iriawan di Stadion Pakansari, Kamis (30/12/2021).

Baca Juga: Shin Tae Yong Akui Susah Bikin Keajaiban Buat Timnas Indonesia

1. Evaluasi bukan berarti memecat

Ketum PSSI: Posisi Shin Tae Yong di Timnas Indonesia AmanShin Tae-yong. (Website/pssi/org)

Iwan Bule, sapaan akrab Iriawan, mengungkapkan bahwa meski akan mempertahankan Shin, evaluasi tetap akan dilakukan. Namun, evaluasi di sini bukan berarti memecat Shin dari kursi pelatih.

"Apa sih arti evaluasi? Evaluasi itu bukan mengganti atau memecat, tetapi mendalami kembali apa yang sudah dilakukan untuk kita mapping atau mencari akar permasalahan, kenapa kok menang, kenapa kok kalah, itu wajar," tutur Iwan.

Baca Juga: Timnas Indonesia Kalah, Situs PSSI Diretas

2. Shin sudah lampaui target di Piala AFF

Ketum PSSI: Posisi Shin Tae Yong di Timnas Indonesia AmanWinger Timnas Indonesia, Irfan Jaya, merayakan gol ke gawang Malaysia (Dok. PSSI)

Sejatinya, Shin sudah melampaui target di Piala AFF 2020 ini. Awalnya, dengan skuad yang ada, dia hanya ditarget masuk semifinal. Ternyata, Shin bisa membawa tim ini masuk hingga ke babak final.

"Nanti saat pulang kita akan tetap evaluasi, artinya menanyakan kok bisa ke final? Karena target dia tadinya bukan final, masuk semifinal sudah bagus tadinya, tapi akhirnya saya minta ke final, minta juara," ujar Iwan.

3. Timnas Indonesia kalah telak dari Thailand

Ketum PSSI: Posisi Shin Tae Yong di Timnas Indonesia AmanDuel Timnas Indonesia versus Thailand di final Piala AFF 2020, Rabu (29/12/2021) / Dokumentasi PSSI

Indonesia memang meraih hasil minor dalam laga final leg 1 Piala AFF 2020. Bersua Thailand di National Stadium Singapura, Rabu (29/12/2021) malam, skuad Garuda tumbang 4-0.

Kekalahan dari Thailand ini mempersulit langkah Timnas Indonesia meraih trofi Piala AFF. Tidak cuma itu, ini jadi kekalahan terbesar Indonesia sepanjang Piala AFF 2020. Meski begitu, kinerja Shin Tae Yong layak diacungi jempol.

Baca Juga: 3 Faktor Timnas Indonesia Kalah Telak dari Thailand

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya