Klaim Mbappe: Menang Ballon d'Or, Kalahkan Messi dan Haaland

Mbappe yakin bisa ungguli Messi dan Haaland

Jakarta, IDN Times - Kylian Mbappe melayangkan pernyataan ambisius usai mengantarkan Prancis mengalahkan Yunanin di Kualifikasi Euro 2024. Dia yakin bisa merebut Ballon d'Or 2023, mengalahkan Lionel Messi dan Erling Haaland.

Mbappe baru saja memecahkan rekor Just Fontaine, sebagai pemain dengan capaian gol terbanyak di level Timnas dan klub dalam semusim. Sepanjang musim 2022/23, dia sukses mencetak 54 gol, mengungguli Fontaine yang menorehkan 53 pada musim 1957/58.

Buah dari pencapaian apik ini, Mbappe pun yakin bisa memenangi Ballon d'Or. Bahkan, dia berani menjamin bisa mengalahkan Messi dan Haaland.

1. Mbappe percaya diri penuhi kriteria

Klaim Mbappe: Menang Ballon d'Or, Kalahkan Messi dan Haalandpotret Kylian Mbappe (psgtalk.com)

Mbappe percaya diri memenuhi kriteria sebagai peraih Ballon d'Or 2023. Dia juga yakin orang-orang akan memilihnya dalam proses jajak pendapat nanti.

"Apakah pemain yang menang Ballon d'Or 2023 nanti harus bersinar dan memberi dampak bagi tim? Rasanya, saya memenuhi kriteria itu. Yakin, orang-orang akan memilih saya," ujar Mbappe dilansir Daily Mirror.

Baca Juga: Guardiola: Manchester City Tak Minat Beli Kylian Mbappe 

2. Ada perubahan kriteria penilaian

Klaim Mbappe: Menang Ballon d'Or, Kalahkan Messi dan HaalandTrofi Ballon d'Or (skysports.com)

Untuk Ballon d'Or 2023 nanti, akan ada perubahan kriteria penilaian. Jadi, penilaian nanti tidak akan melibatkan lagi trofi-trofi yang didapat oleh tim para pemain bernaung. Penilaian akan berdasarkan kemampuan individu pemain.

Secara pribadi, Mbappe mengatakan kriteria penilaian ini akan menghadirkan kesulitan tersendiri. Para pemain harus menonjol secara individu. Terkadang, penampilan individu pemain juga tidak terekspose oleh publik.

"Sulit untuk bicara soal trofi individu, karena hal itu membuat seorang pemain harus menonjolkan diri. Malah, terkadang performa seorang pemain tidak terlihat oleh publik," ujar Mbappe.

3. Messi dan Haaland jadi pesaing berat Mbappe

Klaim Mbappe: Menang Ballon d'Or, Kalahkan Messi dan HaalandLionel Messi dibuatkan patung oleh CONMEBAL. (thenationalnews.com)

Dalam upaya meraih gelar Ballon d'Or 2023, Mbappe sejatinya punya dua pesaing berat. Seperti yang sudah disebutkannya, Haaland dan Messi memang menjadi kompetitor paling tangguh. Haaland tampil ganas sepanjang musim 2022/23 dan mengantarkan Manchester City meraih treble winners.

Sementara, Messi juga dijagokan meraih Ballon d'Or 2023 karena mengantarkan Argentina meraih trofi Piala Dunia 2022. Namun, jika benar kriteria penilaian dilakukan berdasarkan raihan individu, sah-sah saja Mbappe percaya diri.

Baca Juga: Sikap Real Madrid Soal Mbappe Bisa Bikin PSG Pusing

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya