Klopp Masuk Kandidat Pelatih Baru Jerman, Cocokkah?

Klopp dibidik jadi pengganti Hansi Flick

Jakarta, IDN Times - Timnas Jerman saat ini tengah mencari pelatih baru, selepas memecat Hansi Flick. Dari sekian banyak kandidat yang ada, nama manajer Liverpool, Juergen Klopp, menyeruak ke permukaan.

Saat ini, Jerman masih ditangani Rudi Voeller yang bertindak sebagai caretaker. Kembali menangani Der Panzer, Voeller sukses membawa Jerman menang atas Prancis dalam sebuah laga uji coba pada Rabu (13/9/2023) dini hari WIB.

Voeller tentu tak akan selamanya menangani Jerman. Skuad membutuhkan pelatih jangka panjang yang mesti menangani mereka untuk beberapa ajang. Nah, Klopp masuk dalam bidikan federasi Jerman.

1. Prestasi Klopp sudah teruji

Klopp Masuk Kandidat Pelatih Baru Jerman, Cocokkah?Pelatih Liverpool, Juergen Klopp sukses sempurnakan trofi domestik usai memenangkan Community Shield, Minggu (31/7/2022). (Twitter/@LCFC).

Sebagai manajer di level klub, prestasi Klopp sudah teruji. Saat menangani Borussia Dortmund di Bundesliga, dia sukses meraih gelar juara sebanyak dua kali, menghentikan dominasi dari Bayern Muenchen.

Ditambah lagi, Klopp juga meraih satu gelar DFB Pokal, dua gelar DFL Supercup, dan sekali runner-up Liga Champions. Klopp saat itu mampu menyulap Dortmund menjadi tim yang begitu trengginas dan bertenaga.

Hijrah ke Liverpool, Klopp juga sukses mengantarkan klub kepada beberapa prestasi penting. Dia membawa 'Si Merah' mengakhiri dahaga Premier League pada musim 2019/20, begitu juga dahaga Liga Champions pada musim 2018/19.

Sebagai catatan, Klopp juga pernah meraih German Football Manager of the Year pada 2011, 2012, dan 2019. Menilik capaian ini, tak heran Klopp dibidik Jerman.

Baca Juga: 5 Kandidat Pengganti Hansi Flick di Timnas Jerman, Klopp Favorit!

2. Klopp bisa bikin Jerman lebih bertenaga

Klopp Masuk Kandidat Pelatih Baru Jerman, Cocokkah?Juergen Klopp (liverpoolfc.com)

Selepas juara Piala Dunia 2014, tampak Jerman kehilangan tenaganya. Mereka tidak lagi trengginas, dan julukan Panzer yang melekat pada mereka raib seiring kegagalan Jerman dalam ajang demi ajang, mulai Piala Eropa hingga Piala Dunia.

Kehadiran Klopp bisa membuat permainan Jerman lebih bertenaga. Sepak bola heavy metal yang jadi ciri khasnya bisa menjadi sebuah wajah baru bagi skuad Die Mannschaft. Jerman tak akan lagi menjadi tim loyo.

Apalagi, banyak pemain muda di tim Jerman sekarang yang tentu sudah fasih dengan strategi ini, karena acap digunakan di Bundesliga. Klopp bisa membuat permainan Jerman lebih menggigit lagi dengan aroma heavy metal-nya.

3. Klopp masih menghormati kontrak dengan Liverpool

Klopp Masuk Kandidat Pelatih Baru Jerman, Cocokkah?potret Juergen Klopp (instagram.com/liverpoolfc

Sayangnya, dalam waktu dekat, Klopp disebut tak akan menerima tawaran dari Timnas Jerman. Agen Klopp, Marc Kosicke, berkata bahwa Klopp masih terlibat dalam proyek jangka panjang bersama Liverpool.

"Klopp punya kontrak jangka panjang bersama Liverpool (sampaoi 2026). Dia tidak akan mengisi posisi pelatih Timnas sementara ini," ujar Kosicke, dilansir Sky Sports.

Akan tetapi, masa depan masih menjadi misteri bagi Juergen Klopp. Bisa saja, dalam beberapa tahun ke depan, dia memutuskan mudik dan mengambil pekerjaan sebagai pelatih Timnas Jerman. Tidak ada yang tahu.

Baca Juga: Jurgen Klopp Kandidat Kuat Pelatih Timnas Jerman

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya