5 Kandidat Pengganti Hansi Flick di Timnas Jerman, Klopp Favorit!

Berisi Juergen Klopp hingga Louis van Gaal

Hansi Flick resmi dipecat sebagai pelatih Timnas Jerman. Pemecatan tersebut menyusul serangkaian hasil buruk yang diderita Der Panzer dalam beberapa laga terakhir. Terbaru, Jerman dipermalukan Jepang di laga persahabatan dengan skor 1-4 pada Minggu (10/9/2023).

Kekalahan memalukan Jerman dari Jepang menambah catatan buruk Hansi Flick sebagai pelatih. Secara keseluruhan, ia hanya berhasil memenangi 12 laga dari 25 kali bertanding. Hal tersebut yang membuat DFB atau Asosiasi Sepak Bola Jerman memutuskan untuk mendepaknya dari kursi pelatih.

Sejumlah nama mencuat sebagai kandidat pengganti Hansi Flick di Timnas Jerman. Siapa saja?

1. Juergen Klopp jadi favorit, tetapi masih punya kontrak dengan Liverpool

5 Kandidat Pengganti Hansi Flick di Timnas Jerman, Klopp Favorit!Juergen Klopp (liverpoolfc.com)

Juergen Klopp muncul menjadi kandidat terkuat untuk mengisi kursi pelatih Timnas Jerman. Juru taktik berusia 56 tahun ini pernah mengungkapkan ingin menjajal tantangan baru di level internasional. Kiprahnya sebagai seorang pelatih juga sudah terbukti dengan reputasi yang apik di level klub.

Satu hal utama yang menjadi kendala adalah klubnya saat ini, Liverpool. Umum diketahui, Klopp baru saja memperpanjang kontraknya di Anfield hingga 2026. Ganjalan tersebut bakal sulit mengingat kecintaannya terhadap klub asal Merseyside ini. Meski melatih Jerman menjadi impiannya, prioritasnya bersama Liverpool saat ini membuat potensi untuk meninggalkan The Reds sangat kecil.

2. Julian Nagelsmann saat ini masih menganggur setelah dipecat Bayern Muenchen

5 Kandidat Pengganti Hansi Flick di Timnas Jerman, Klopp Favorit!Julian Nagelsmann (fcbayern.com)

Julian Nagelsmann menjadi alternatif yang cukup apik untuk menangani Timnas Jerman. Ia saat ini masih menganggur setelah dipecat Bayern Muenchen pada Maret 2023 lalu. Meski baru beusia 36 tahun, ia merupakan pelatih muda yang punya pengalaman cukup baik dalam mengangkat performa tim.

Sayangnya, jika DFB mengontraknya, maka mereka harus membayar kompensasi kepada Bayern Muenchen. Kendati sudah dipecat, klausul rilis dalam kontraknya masih berjalan hingga 2026 mendatang. Hal tersebut yang membuat klub atau negara mana pun yang ingin merekrutnya sebagai pelatih harus membayar kompensasi.

Baca Juga: Hansi Flick Dipecat Usai Jerman Kena Hantam Jepang

3. Zinedine Zidane belum melatih lagi sejak meninggalkan Real Madrid pada 2021 lalu

5 Kandidat Pengganti Hansi Flick di Timnas Jerman, Klopp Favorit!Zinedine Zidane (twitter.com/realmadrid)

Sudah lebih dari 2 tahun Zinedine Zidane belum melatih lagi. Sejak meninggalkan Real Madrid pada musim panas 2021 lalu, ia masih menganggur hingga saat ini. Pria berusia 51 tahun ini belum kembali berada di pinggir lapangan meski banyak tawaran yang menghampirinya untuk menjadi pelatih.

DFB mempunyai potensi untuk menawarkannya pekerjaan sebagai pelatih Timnas Jerman. Kendati pengalaman Zidane hanya pernah melatih Real Madrid, hal itu sudah dianggap cukup. Pria asal Prancis ini pernah membawa Los Blancos merajai Eropa dengan menjuarai Liga Champions Eropa 3 musim beruntun pada peride 2016–2018.

4. Oliver Gasner punya potensi setelah kiprah apiknya bersama Eintracht Frankfurt

5 Kandidat Pengganti Hansi Flick di Timnas Jerman, Klopp Favorit!Oliver Glasner (bundesliga.com)

Oliver Gasner menjadi calon potensial berikutnya menangani Timnas Jerman. Pria berusia 49 tahun ini baru saja meninggalkan Eintracht Frankfurt pada Juni 2023 lalu. Pengalamannya di beberapa klub membuatnya bisa menjadi pelatih yang sesuai dengan kebutuhan.

Kiprah Gasner bersama Eintrach Frankfurt juga terbilang konsisten. Ia berada di kursi kepelatihan selama 2 tahun dan berhasil membawa tim bermain kompetitif. Pada 2021/2022 lalu, ia sukses mengantarkan Die Adler menjuarai Liga Europa. Selain itu, ia juga pernah melatih VfL Wolfsburg, LASK, dan SV Ried. Pengalamannya tersebut bisa menjadi modal untuk memimpin Timnas Jerman.

5. Louis van Gaal sarat pengalaman di level klub maupun internasional

5 Kandidat Pengganti Hansi Flick di Timnas Jerman, Klopp Favorit!Louis van Gaal (onsoranje.nl)

Louis van Gaal mempunyai potensi untuk kembali melatih tim nasional. Ia pernah hiatus pada 2016–2021 sebelum kembali lagi untuk melatih Timnas Belanda. Ia memimpin De Oranje selama setahun dan kemudian mengundurkan diri setelah Piala Dunia pada Desember 2022 lalu. Faktor kesehatan menjadi alasannya untuk rehat sejenak dari melatih.

Pelatih berusia 72 tahun ini secara mengejutkan mengumumkan, dirinya berjuang melawan kanker prostat. Hal tersebut diumumkannya saat memimpin Timnas Belanda di Piala Dunia 2022 lalu. Saat ini, ia baru saja operasi untuk mengobatinya dan masih dalam tahap pemulihan. 

Kendati masih berjuang untuk sembuh, Louis van Gaal punya potensi untuk melatih kembali. Hal itu yang membuat DFB mempertimbangkannya untuk mengisi kursi pelatih. Pengalamannya sendiri sudah banyak dan mentereng bersama klub maupun negara. Ia pernah menukangi klub-klub elite, seperti Ajax Amsterdam, Barcelona, Bayern Muenchen, hingga Manchester United.

Sederet pelatih di atas punya potensi untuk menukangi Timnas Jerman. Namun, beban berat tentu akan menanti mengingat ajang terdekat adalah Euro 2024. Untuk saat ini, Der Panzer akan dipimpin Rudi Voeller sebagai pelatih interim hingga direkrutnya pelatih baru.

Baca Juga: 8 Pemain yang Sering Dimainkan Hansi Flick di Timnas Jerman

Khasan Rochmad Photo Verified Writer Khasan Rochmad

Be curious

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya