Klub Protes Jadwal Malam Liga 1, LIB: Tak Semua Bisa Diakomodasi

Beberapa klub protes jadwal malam Liga 1 2022/23

Jakarta, IDN Times - Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru (LIB) Sudjarno, angkat bicara mengenai protes beberapa klub Liga 1 2022/23 soal jadwal yang terlalu malam. Dia berujar, operator liga sudah menampung semua aspirasi tersebut.

Akan tetapi, Sudjarno juga mengungkapkan bahwa tidak semua keinginan klub bisa terakomodasi, termasuk soal jam malam. Ada delapan klub yang memberikan masukan pada LIB soal jadwal malam ini.

"Sebagian bisa kita akomodasi, itu juga bagian yang jadi pertimbangan kita. Karena kita memahami klub, terutama terkait jadwal yang memang beberapa kali malam hari. Itu bisa kita akomodasi, meski tidak 100 persen," ujar Sudjarno di kantor LIB, Senin (11/7/2022).

1. Ada efek domino yang muncul jika semua keinginan klub Liga 1 dipenuhi

Klub Protes Jadwal Malam Liga 1, LIB: Tak Semua Bisa DiakomodasiBali United lawan Madura United di Liga 1 2021/22. (ligaindonesiabaru.com)

Sudjarno menyebut, jika semua keinginan klub diakomodasi LIB, akan terjadi efek domino pada jadwal Liga 1 2022/23 kelak. Sebab, LIB telah memperhitungkan banyak hal terkait jadwal ini, termasuk agenda FIFA, AFF, dan AFC.

"Karena perubahan jadwal yang signifikan itu akan memberikan efek domino yang luar biasa kepada semua klub. Oleh karena itu pasti ada yang kita akomodasi, pasti ada juga yang kita komunikasikan terkait dengan keinginan klub," kata Sudjarno.

Baca Juga: Draf Jadwal Liga 1 2022/23 Terbit, Dibuka Bali United Vs Persija 

2. Jadwal kick-off malam di Piala Presiden 2022 sempat dikritik

Klub Protes Jadwal Malam Liga 1, LIB: Tak Semua Bisa DiakomodasiPenyerang Persib, David da SIlva. (ligaindonesiabaru.com)

Kritik soal jam malam ini sejatinya sudah hadir sejak Piala Presiden 2022. Warganet merasa bahwa jam sepak mula turnamen pramusim itu terlalu malam. Jam malam ini bisa memberikan efek tersendiri pada para pemain.

Pun, dari segi suporter, rawan sekali menjadi korban tindak kejahatan karena baru bisa keluar stadion rata-rata pada pukul 23.00 WIB.

Selain itu, pengawasan terhadap kondisi keamanan di dalam dan luar stadion jadi semakin sulit karena kondisinya gelap. Situasi tersebut juga berpotensi memperparah keadaan jika terjadi gesekan.

3. Jadwal kick-off malam dikritik klub-klub Liga 1

Klub Protes Jadwal Malam Liga 1, LIB: Tak Semua Bisa DiakomodasiIDN Times/Galih Persiana

Perkara jam malam musim ini memang menuai kritik dari beberapa klub Liga 1. Pelatih Persib, Robert Rene Alberts, berujar bahwa jam malam ini bisa berpengaruh pada kesehatan pemain, karena waktu istirahat antar laga yang jadi terpangkas.

"Waktu istirahat antar pertandingan sangat penting. Harus diperhatikan juga waktu kick off-nya. Persib sudah mengirim surat kepada operator liga bahwa kami tidak setuju jadwalnya (jam malam Liga 1 2022/23)," kata Alberts.

Baca Juga: Jadwal PSM di Putaran Pertama Liga 1 2022/23, Selalu Main Sore

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya