Kylian Mbappe di Simpang Jalan: Real Madrid atau Klub Inggris?

Ada plus-minus yang bakal didapat Kylian Mbappe

Jakarta, IDN Times - Kylian Mbappe mulai tidak kerasan di Paris Saint-Germain (PSG). Kedatangan Lionel Messi juga tidak membuat situasi menjadi lebih baik untuk dirinya. Mbappe pun berniat hijrah ke klub baru musim panas ini.

Ada beberapa klub yang tertarik meminangnya. Real Madrid salah satunya. Mereka bahkan sudah menawar 160 juta euro atau setara Rp2,7 triliun. Selain itu beberapa klub Inggris juga dikabarkan meliriknya, salah satunya Liverpool.

1. Jika Mbappe main di Madrid, ini yang akan dia temui

Kylian Mbappe di Simpang Jalan: Real Madrid atau Klub Inggris?Neymar dan Kylian Mbappe. (twitter.com/PSG_English)

Memang, kehadiran Mbappe jadi tambahan tenaga untuk lini serang Madrid. Kombinasinya bersama Eden Hazard dan Karim Benzema jadi sesuatu yang menarik untuk ditunggu. Trio Mbappe-Hazard-Benzema bakal jadi jaminan mutu bagi Madrid untuk membobol gawang lawan.

Namun, Mbappe harus ingat, jika dia memilih pergi ke Madrid, jaminan untuk main inti tidak akan selalu ada. Masih ada nama-nama macam Vinicius Junior, Rodrygo, Bale, hingga Marco Asensio yang bisa menggantikannya. Aroma kompetitif selalu terasa di skuad Madrid.

Ini bakal jadi tantangan tersendiri bagi Mbappe, yang sebenarnya harus berani diambilnya. Jika dia memang ingin berkembang, persaingan di skuad utama Madrid akan jadi pelajaran baginya. Tentang bagaimana menjaga kondisi diri, plus adaptasi main di luar Prancis.

Dari sini juga, mental Mbappe akan terasah. Jika dia sudah kalah saat bersaing dengan rekan setim sendiri, bisa dibilang mental Mbappe memang lemah. Ini juga akan jadi justifikasi dari penampilan buruknya saat Piala Eropa 2020 lalu.

Baca Juga: Messi Datang, Mbappe Malah Nyaris Hengkang ke Real Madrid

2. Bagaimana jika Mbappe main di Inggris?

Kylian Mbappe di Simpang Jalan: Real Madrid atau Klub Inggris?Pemain Paris St Germain Kylian Mbappe berbincang dengan pemain Barcelona Lionel Messi usai laga leg kedua babak 16 besar Liga Champions di Parc des Princes, Paris, Prancis (10/3/2021). Meski PSG hanya bermain imbang 1-1 lawan Barcelona pada laga leg kedua, PSG unggul agregat skor 4-1 berkat kemenangan pada leg pertama sehingga berhasil menyingkirkan Barcelona dan berhasil maju ke perempatfinal Liga Champions. ANTARA FOTO/REUTERS / Gonzalo Fuentes

Cerita lain akan tercatat jika Mbappe memilih main di Inggris. Meski sekarang kompetisi Premier League juga dipenuhi aroma taktikal, kekuatan fisik tetap jadi kunci. Fisik tidak mumpuni, jangan harap skema dan taktik berjalan lancar.

Dengan kemampuan Mbappe yang punya dribel apik, plus mampu mengokupansi ruang, main di Inggris bisa jadi opsi yang bijak. Dengan aroma fisik yang kental di sini, fisik Mbappe juga bisa lebih terasah. Dia akan lebih berani lagi berduel dengan bek-bek lawan.

Akan tetapi, jika memang ingin main di Inggris, Mbappe perlu memilih lingkungan yang tepat. Liverpool, tim yang diisukan dekat dengannya, adalah contoh pas. Di bawah arahan Juergen Klopp, Mbappe bisa berkembang jadi pemain yang memahami pentingnya pressing dan bertahan sejak di lini depan.

Hal yang sama juga akan dia dapat jika kelak hijrah ke Manchester City. Tidak cuma itu, Mbappe juga punya jaminan untuk berkembang, karena Pep Guardiola kerap mampu memperbaiki kekurangan yang ada pada pemainnya. Skemanya juga mulai masuk dengan sepak bola Inggris.

Banyak juga keuntungan yang bisa Mbappe dapat jika main di Inggris. Asal, dia mendarat di tim yang cocok, plus ditangani manajer filosofis, yang mampu memadukan filosofi miliknya dengan sepak bola Inggris yang terkenal mengandalkan fisik.

3. Mbappe sudah pasti hengkang dari PSG

Kylian Mbappe di Simpang Jalan: Real Madrid atau Klub Inggris?Kylian Mbappe. (Twitter.com/PSG_English)

Beberapa waktu lalu, Mbappe sudah berbicara dengan Presiden PSG, Nasser Al-Khelaifi, terkait keinginannya pindah klub. Spekulasi kepindahannya menguat, tatkala dia tidak menghadiri pesta ulang tahun penggawa PSG, Ander Herrera, di saat rekan setimnya hadir.

Sekarang, bola ada di tangan Kylian Mbappe dan PSG. Ke manakah bintang muda Prancis ini berlabuh? Akankah dia ke Real Madrid, atau mencoba peruntungan di Inggris bersama tim-tim macam Liverpool atau Manchester City?

Baca Juga: Sinyal Kuat Mbappe Cabut ke Real Madrid, Sudah Cari Rumah

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya