Lee Kang In, Talenta Korea Selatan Penerus Son Heung Min di Eropa

Lee Kang In berpotensi tampil ciamik di PSG

Jakarta, IDN Times - Diaspora Korea Selatan memang tidak terlalu banyak. Akan tetapi, mereka tetap memiliki talenta yang bisa dibanggakan, karena sukses menorehkan prestasi apik. Setelah Son Heung Min, kini ada Lee Kang In yang menarik perhatian.

Lee baru saja diresmikan sebagai pemain baru Paris Saint-Germain (PSG) di musim panas 2023 ini. Klub asal Prancis itu merekrut Lee dari Mallorca, dan mengontraknya selama lima tahun hingga 2028 mendatang.

Nah, Lee memiliki potensi untuk menyamai catatan apik dari Son. Sama seperti Son, rupanya Lee sudah akrab dengan sepak bola Eropa sejak usianya masih muda.

1. Sudah ke Eropa sejak kecil

Lee Kang In, Talenta Korea Selatan Penerus Son Heung Min di Eropainstagram/kanginleeofficial

Sejak usia 10 tahun, Lee sudah keluar dari Korea Selatan untuk mengenyam pendidikan di akademi Valencia, tepatnya pada 2011. Setelah tujuh tahun lamanya, Lee mendapatkan promosi ke tim senior pada 2018.

Laga lawan Ebro di Copa del Rey jadi debut Lee bersama Valencia. Dia juga jadi debutan termuda asal Korea Selatan di Eropa. Tiga musim main di Valencia, Lee sudah menarik perhatian karena sukses menorehkan 62 penampilan di semua ajang.

Tidak cuma itu, Lee juga sukses membawa Valencia juara Copa del Rey pada musim 2018/19. Pada 2021, Lee memulai petualangannya yang baru bersama Real Mallorca. Di sini, dia juga bersinar dengan catatan 73 penampilan dan tujuh gol.

Performa apik di Eropa membuat bakatnya tercium oleh Korea Selatan. Di skuad Taeguk Warriors, penampilan Lee juga terhitung apik.

Baca Juga: Lee Kang In, Eks Valencia yang Jadi Kreator Peluang Terbaik Mallorca

2. Bagian penting dari Timnas U-20

Lee Kang In, Talenta Korea Selatan Penerus Son Heung Min di EropaLee Kang In (instagram.com/kanginleeoficial)

Bersama timnas, salah satu performa apik Lee terjadi di ajang Piala Dunia U-20 2019 silam. Di ajang itu, dia sukses membawa Korea Selatan menjadi runner-up. Mereka gagal menyabet juara usai kalah dari Ukraina di final.

Namun, Lee punya cerita manis di ajang ini, di mana dia berhasil menyabet gelar sebagai pemain terbaik. Torehan apik ini membawa Lee naik ke level senior. Dia jadi bagian dari skuad Taeguk Warriors yang mentas di Piala Dunia 2022.

Dalam ajang yang dihelat di Qatar itu, Lee main empat kali, dan sukses membawa Korea Selatan lolos ke 16 besar, sebelum akhirnya Korea dikalahkan Brasil. Lee mencetak satu assist di laga ini saat Korea kalah dari Ghana di fase grup.

Penampilan apiknya di level klub dan Korea Selatan ini setidaknya jadi jaminan tersendiri bagi PSG. Akan ada hal positif yang dibawa Lee.

3. Jadi penerus tradisi pemain Korea Selatan yang apik di Eropa

Lee Kang In, Talenta Korea Selatan Penerus Son Heung Min di EropaSon Heung Min sedang melakukan selebrasi (goal.com)

Sebelum Lee, Korea Selatan memiliki bintang bernama Park Ji Sung dan Son Heung Min yang impresif. Keduanya sama-sama main di Premier League, dan mencatatkan nama mereka sebagai salah satu pemain Korea yang berpengaruh di Eropa.

Lee Kang In berpotensi mengikuti jejak kedua seniornya itu. Apalagi, dia didaratkan PSG sebagai pengganti Lionel Messi. Dengan pengalamannya yang melimpah di Eropa, dia bisa jadi penerus Son Heung Min sebagai talenta apik Korea Selatan di Eropa.

Baca Juga: Bintang Tottenham Son Heung Min Jadi Setahun Lebih Muda, Kok Bisa?

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya