Comscore Tracker

Libas Denmark, Australia Maju ke Babak 16 Besar Piala Dunia 2022!

Mathew Leckie jadi pahlawan Australia dengan sebiji golnya

Jakarta, IDN Times - Australia secara mengejutkan bisa melaju ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. Menumbangkan Denmark, Aaron Mooy dan kolega dipastikan meraih satu tiket menemani Prancis lantaran finish sebagai runner-up.

Australia tampil gemilang dalam laga terakhirnya di Grup D ajang empat tahunan ini. Bersua skuad Dinamit di Al Janoub Stadium, Rabu (30/11/2022) malam, mereka bisa memenangkan laga dengan skor 1-0.

Gol tunggal kemenangan Australia di laga ini dicetak oleh Mathew Leckie pada menit 60. Mereka sukses lolos dari lubang jarum usai tumbang di laga perdana lawan Prancis.

Sejak awal babak pertama, Denmark langsung menyajikan tekanan bagi para pemain Australia. Dimotori oleh Christian Eriksen, Martin Braithwaite, hingga Andreas Olsen, Denmark terus-menerus menyerang lini pertahanan Australia.

Namun, lini pertahanan Australia tampil begitu rapat di pertandingan ini. Digawangi oleh Harry Souttar dan Kye Rowles, lini belakang Socceroos tidak memberikan ruang bagi lini serang Denmark untuk berkembang.

Alhasil, kendati Denmark banyak menciptakan tembakan (lima berbanding tiga) di babak pertama ini, mereka kesulitan membobol gawang Australia. Sebab, mereka acap menembak dalam situasi yang tidak enak.

Meski mampu menggalang pertahanan dengan apik, Australia sedikit kesulitan dalam melakukan serangan. Beragam upaya serangan balik yang mereka lakukan, kerap jarang menemui hasil lantaran aliran bola yang tidak begitu rapi.

Mitchell Duke dan Riley McGree yang didaulat sebagai motor serangan, bersama Aaron Mooy, belum menemukan kombinasi yang pas untuk membobol pertahanan Denmark. Alhasil, Australia hanya mencatatkan tiga tembakan.

Di sisa waktu babak pertama, Australia dan Denmark masih mencari gol. Denmark mulai banyak berupaya dari sisi sayap, sementara Australia masih coba mencari celah lewat serangan-serangan balik. Sayang, upaya keduanya belum berbuah hasil.

Tak pelak, skor 0-0 pun menutup babak pertama. Belum ada yang unggul, baik itu Australia maupun Denmark di babak pertama ini. Situasi masih seimbang.

Memasuki babak kedua, Denmark melakukan beberapa perubahan. Mereka memasukkan nama-nama baru macam Kasper Dolberg, Alexander Bah, hingga Mikkel Damsgaard untuk memberi warna baru pada permainan.

Namun, bukannya mencetak gol, Denmark justru kebobolan. Meningkatkan intensitas serangan di babak kedua ini, membuat lini pertahanan mereka menyisakan banyak ruang. Hal itulah yang sukses dimanfaatkan oleh Australia.

Pada menit 60, bermula dari umpan matang McGree, Mathew Leckie sukses membobol gawang Denmark lewat sepakan kaki kanannya. Skor berubah 1-0, Australia pun menorehkan keunggulan.

Tertinggal satu angka, Denmark semakin menjadi-jadi. Mereka menekan lini pertahanan Australia dengan lebih intens, ditambah lagi ada banyak darah-darah baru yang masuk di babak kedua ini.

Meski begitu, Denmark tetap kesulitan menembus pertahanan Australia. Selain karena pertahanan Australia yang ketat, pola serangan Denmark yang monoton membuat serangan-serangan dari Eriksen dan kolega mudah dipatahkan.

Sedangkan Australia, mereka justru makin nyaman bermain. Ditambah masuknya nama-nama baru macam Keanu Baccus, Bailey Wright, dan Jamie McLaren, tenaga permainan Australia di lini depan dan belakang tetap terjaga.

Di sisa waktu babak kedua, Denmark masih mencari gol. Berbagai upaya mereka lakukan, mulai dari skema open play hingga skema bola mati. Namun, beragam usaha dari Denmark ini selalu menemui kegagalan.

Alhasil, hingga babak kedua tuntas, skor 1-0 untuk keunggulan Australia atas Denmark tidak berubah. Mereka pun berhak mengunci satu tempat di babak 16 besar Piala Dunia 2022

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya