Liga 1 2021/22 Bisa Geser ke Jawa Tengah dan Yogyakarta

Hal itu dikonfirmasi oleh LIB, operator Liga 1

Jakarta, IDN Times - Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Akhmad Hadian Lukita, mengungkapkan seri dua Liga 1 2021/22 kemungkinan akan bergeser ke Jawa Tengah dan Yogyakarta. Hal itu sesuai rencana yang memang sudah disiapkan LIB.

"Enggak (tetap di Jabodetabek), ada kemungkinan pindah ke sana. Refreshing juga kan kami pindah ke sana, dan memang rencananya ke Jawa Tengah dan Yogyakarta itu," ujar Akhmad saat dihubungi IDN Times, Selasa (28/9/2021).

Baca Juga: Liga 2 Jalan di 4 Kota dan Tanpa Penonton

1. Ada beberapa stadion yang sudah masuk proyeksi

Liga 1 2021/22 Bisa Geser ke Jawa Tengah dan YogyakartaANTARA FOTO/Maulana Surya

Akhmad juga mengungkapkan, sudah ada beberapa stadion yang masuk proyeksi untuk menggelar seri dua Liga 1 2021/22, seperti Manahan, Maguwoharjo, Sultan Agung, Jatidiri, dan Moch Soebroto, sudah masuk hitungan. Semua stadion kini sedang tahap verifikasi.

"Yang pasti ya, Manahan kan, terus Maguwoharjo, Bantul, Jatidiri Semarang, dan Moch Soebroto di Magelang, sekarang semua lagi dicek dan diverifikasi sama tim dari LIB," tutur Akhmad.

2. Semua tergantung level PPKM

Liga 1 2021/22 Bisa Geser ke Jawa Tengah dan YogyakartaBali United meraih kemenangan atas Persik 1-0 dalam laga perdana di Liga 1 2021/2022, Jumat (27/8/2021). (ANTARA/Aditya Pradana Putra/rwa).

Meski sudah berencana akan memindahkan seri dua ke Jawa Tengah dan Yogyakarta, Akhmad mengaku LIB masih fleksibel. Pada akhirnya, semua tergantung penetapan level PPKM di sana. Selain itu, hasil verifikasi dari tim LIB juga akan jadi patokan.

"Kemungkinan memang pindah, tetapi tergantung hasil verifikasi dan laporan ke pemerintah, dan juga level PPKM di daerah sana, karena kondisi seperti ini ya kami harus fleksibel, dipantau saja terus, dan dinamis juga," tuturnya.

3. Liga 1 digelar dengan sistem seri

Liga 1 2021/22 Bisa Geser ke Jawa Tengah dan YogyakartaLogo baru Liga 1 yang kini disponsori BRI. (ligaindonesiabaru.com).

Buah dari pandemik COVID-19 yang masih melanda Indonesia, gelaran Liga 1 2021/22 juga mengalami perubahan sistem. Khusus musim ini, kompetisi level tertinggi sepak bola Indonesia itu digelar dengan sistem seri, dalam tiga klaster berbeda.

Jadi, Liga 1 2021/22 digelar dalam enam seri yang terbagi dalam tiga klaster. Klaster pertama yakni Jabodetabek dan Bandung Raya, klaster kedua Jawa Tengah dan Yogyakarta, sedangkan klaster ketiga Jawa Timur. Perpindahan klaster bergantung pada level PPKM di masing-masing daerah itu.

Baca Juga: Klub Liga 2 Penunggak Gaji Terancam Tak Bisa Main

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya