Liga Champions: Menakar Peluang Tim-tim yang Lolos ke 16 Besar

Ada Inter Milan, Real Madrid, dan Manchester United

Jakarta, IDN Times - Nasib tim-tim besar seperti Inter Milan, Real Madrid, dan Manchester United di Liga Champions 2020/21 berada di ujung tanduk. Sampai saat ini, tiket babak 16 besar belum ada di genggaman mereka.

Inter dan Madrid masih harus bersaing dengan Borussia Moenchengladbach dan Shakhtar Donetsk untuk memperebutkan tiket ke fase selanjutnya. Sedangkan Manchester United,  masih harus melewati adangan RB Leipzig dan Paris Saint-Germain.

Adakah peluang buat ketiga klub ini untuk lolos ke babak 16 besar?

1. Inter Milan

Liga Champions: Menakar Peluang Tim-tim yang Lolos ke 16 BesarInter Milan. (Twitter/inter_en)

Inter tengah dalam berada posisi terjepit saat ini di Grup B. Mereka baru mengantongi 5 poin, dan bertengger di posisi juru kunci grup. Meski begitu, peluang mereka untuk lolos ke babak 16 besar masih terbuka.

Syarat pertama, Inter tentu harus--bahkan wajib--meraih kemenangan atas Shakhtar Donetsk di laga pamungkas Grup B. Jika benar, maka raihan poin mereka akan bertambah menjadi delapan.

Syarat kedua, antara Borussia Moenchengladbach atau Real Madrid, salah satunya harus meraih kekalahan. Jika Gladbach kalah, Inter akan jadi tim yang lolos ke 16 besar karena mereka unggul head to head atas Gladbach. Intinya, Inter kudu menang di laga akhir nanti.

Baca Juga: Para Klub Juara Liga Europa yang Gagal di Liga Champions, Kutukan?

2. Real Madrid

Liga Champions: Menakar Peluang Tim-tim yang Lolos ke 16 Besarrealmadrid.com

Sama seperti Inter, situasi Real Madrid di Liga Champions musim ini juga pelik. Setelah menang dua kali atas Inter, kelolosan mereka menuju babak 16 besar terancam setelah mereka kalah 0-2 dari Shakhtar Donetsk di matchday ke-5.

Sejauh ini, Madrid baru menorehkan tujuh poin. Di laga terakhir menghadapi Borussia Moenchengladbach nanti. setidaknya Madrid harus memenangi laga untuk mengamankan tiket ke babak 16 besar nanti.

Jika mereka kalah, posisi mereka bisa tergeser oleh Shakhtar Donetsk, atau bahkan Inter Milan sendiri. Namun, jika Madrid imbang lawan Gladbach dan Inter menundukkan Shakhtar, Madrid lolos karena mereka unggul head to head atas Inter.

3. Manchester United

Liga Champions: Menakar Peluang Tim-tim yang Lolos ke 16 BesarManchester United vs PSG. (Twitter.com/ManUtd)

Manchester United juga jadi tim yang belum aman untuk lolos ke 16 besar musim ini. Meski saat ini untuk mereka memuncaki Grup H, posisi mereka masih bisa tergeser oleh RB Leipzig maupun Paris Saint-Germain (PSG). Ada dua skenario yang bisa membuat United lolos ke 16 besar.

Skenario pertama, United bisa lolos asal mereka menang atas RB Leipzig di laga pamungkas. Namun, jika di laga lain PSG menang atas Istanbul Basaksehir, United tidak akan lolos sebagai pemuncak grup.

Skenario kedua, Manchester United bisa lolos ke 16 besar jika imbang lawan Leipzig. Nantinya, poin mereka akan sama dengan Leipzig. Namun, United akan ada di posisi yang lebih baik dan bisa saja lolos ke 16 besar Liga Champions, karena mereka unggul "head to head" atas Leipzig.

Baca Juga: Jadwal Liga Champions Tengah Pekan Ini, Penentu Lolos ke 16 Besar

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya