Manchester City yang Kini Balik Menekan Arsenal

Arsenal sudah tak bisa tentukan nasib sendiri

Jakarta, IDN Times - Beberapa bulan lalu, situasi masih menguntungkan bagi Arsenal di Premier League. Mereka sempat memimpin klasemen dalam beberapa pekan, dan tidak terkejar oleh Manchester City di peringkat dua.

Akan tetapi, memasuki April 2023, situasi jadi sulit bagi Arsenal. Tiga hasil imbang yang mereka dapat secara beruntun lawan Liverpool, West Ham, dan Southampton, membuat posisi 'Meriam London' jadi tidak aman.

Sialnya, ketika Arsenal tersandung, City justru bangkit. Puncaknya, dalam pertemuan pada 27 April 2023, Arsenal harus mengakui keunggulan City. Dengan begini, sontak keadaan berbalik. Arsenal jadi tertekan oleh City.

1. Manchester City tancapkan keunggulan

Manchester City yang Kini Balik Menekan ArsenalSelebrasi Erling Haaland usai membobol gawang Bayern Munich, Kamis (20/4/2023). (Twitter/@ManCity).

Memasuki pekan 35 Premier League, Manchester City mulai menancapkan keunggulan atas Arsenal. Satu kemenangan di laga pekan tunda, plus kemenangan lanjutan di pekan 35, membawa Man City menjauh dari Arsenal.

Saat ini, Man City menorehkan 82 poin di puncak klasemen sementara Premier League. Mereka unggul empat poin atas Arsenal yang berada di peringkat dua. Keunggulan empat poin ini jadi alarm tersendiri bagi Arsenal.

Baca Juga: Mentalitas Bakal Jadi Kunci Manchester City Salip Arsenal

2. Arsenal butuh usaha lebih untuk mengejar Manchester City

Manchester City yang Kini Balik Menekan ArsenalArsenal dalam laga pramusim 2022. (ANTARA FOTO/Action Images via Reuters/Paul Childs)

Dengan selisih empat poin ini, tentu butuh usaha lebih bagi Arsenal untuk mengejar Manchester City. Satu kemenangan tidak cukup untuk menjungkalkan City. Setidaknya, mereka butuh dua kemenangan dalam dua pekan.

Jika itu terjadi, barulah Arsenal bisa mengungguli balik The Citizen. Dengan catatan, mereka tersandung dalam dua pekan. Andai tim besutan Pep Guardiola ini terus meraih kemenangan, mengejar mereka akan jadi sesuatu yang berat bagi Arsenal.

3. Arsenal sudah tak bisa lagi tentukan takdirnya sendiri

Manchester City yang Kini Balik Menekan ArsenalManchester City gilas Arsenal 4-1, di Etihad Stadium, Kamis (27/4/2023). (premierleague.com)

Pada April 2023, Arsenal sebenarnya masih bisa menentukan takdir mereka sendiri. Namun, tiga hasil imbang lawan Liverpool, West Ham, dan Southampton, plus kekalahan besar lawan Man City, mengubah segalanya.

Sekarang, Arsenal tak bisa menentukan takdir mereka sendiri. Mereka bergantung juga pada hasil-hasil yang didapat oleh Manchester City. Alhasil, tekanan sekarang jadi milik 'Meriam London', tak lagi jadi milik The Citizens.

Baca Juga: Manchester City Menyodok, Alarm Buat Arsenal

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya