ManCity Harus Hati-hati, Dortmund Bisa Saja Hancurkan Mimpi

ManCity sering kesulitan saat berhadapan dengan Dortmund

Jakarta, IDN Times - Manchester City akan bersua dengan Borussia Dortmund dalam laga perempat final Liga Champions 2020/21. Ini menjadi salah satu laga yang patut dinantikan di perempat final Liga Champions.

ManCity bermodalkan catatan apik jelang duel tersebut. Total, dari enam laga terakhir yang dilalui di semua ajang, mereka hanya kalah sekali. Sisanya, ManCity bisa menang. Terbaru, ManCity bahkan menang 2-0 atas Leicester City.

Di sisi lain, Dortmund tengah limbung. Dari enam laga terakhir, mereka kalah dua kali, imbang di dua kesempatan , dan hanya menang dalam dua laga. Terbaru, di ajang Bundesliga, mereka tumbang di tangan Eintracht Frankfurt.

Menilik catatan ini, tentu ManCity lebih diunggulkan. Namun, Dortmund sebenarnya memiliki kenangan manis saat berhadapan dengan ManCity di Liga Champions. Itu terjadi pada 2012 silam, tepatnya di fase grup.

Baca Juga: Megaproyek ManCity Rekrut Haaland Jadi Penerus Aguero

1. Dortmund dua kali jinakkan ManCity

ManCity Harus Hati-hati, Dortmund Bisa Saja Hancurkan MimpiBorussia Dortmund. (Twitter.com/BVB)

Pertemuan ManCity dengan Dortmund di Liga Champions ini bukan kali pertama. Pada musim 2012/13 silam, kedua tim bersua di fase grup Liga Champions. Dalam dua pertemuan tersebut, Dortmund mampu mengungguli ManCity.

Pada pertemuan pertama yang dihelat di Etihad Stadium, Dortmund mampu menahan imbang City dengan skor 1-1. Sempat unggul lewat gol Marco Reus, ManCity pada akhirnya mampu menyamakan kedudukan via aksi Mario Balotelli di menit-menit akhir.

Sedangkan dalam pertemuan kedua di SIgnal Iduna Park, Dortmund mampu menundukkan City dengan skor 1-0. Julian Schieber jadi pahlawan kemenangan Dortmund di laga tersebut lewat gol tunggalnya.

2. Secara keseluruhan, ManCity memang inferior atas Dortmund

ManCity Harus Hati-hati, Dortmund Bisa Saja Hancurkan MimpiTwitter/@blackyellow

Selain dalam dua pertemuan di fase grup Liga Champions 2012/13, ManCity memang inferior saat berhadapan dengan Dortmund di semua kompetisi. Jika ditotal, dalam lima pertemuan terakhir kedua tim di semua kompetisi, Dortmund unggul.

Rinciannya, Dortmund mampu memang tiga kali, imbang dalam satu pertemuan, dan kalah di dua laga. Satu-satunya kekalahan yang didapat Dortmund dari ManCity terjadi di ajang International Champions Cup 2016. Ketika itu, Dortmund kalah dari ManCity via adu penalti.

3. The Citizens berpeluang menghentikan catatan buruk mereka

ManCity Harus Hati-hati, Dortmund Bisa Saja Hancurkan MimpiPemain Manchester City merayakan gol ke gawang West Bromwich Albion pada pertandingan Liga Inggris di Stadion The Hawthorns, West Bromwich, Rabu (27/1/2021) dini hari. City pesta gol 5-0 dan naik ke puncak klasemen sementara. ANTARA FOTO/Pool via REUTERS/Laurence Griffiths

Terlepas dari kenangan buruk yang kerap ditelan ManCity saat bersua Dortmund, mereka kini punya bekal yang apik untuk menghentikan catatan buruknya. Selain kondisi Dortmund yang tengah limbung, ManCity juga benar-benar menakutkan.

Sementara ini, ManCity raja di Premier League. Mereka juga jadi salah satu tim dengan pertahanan yang kuat di Liga Champions. Borussia Dortmund agaknya akan sulit mengulang kenangan manis mereka beberapa musim silam.

Baca Juga: Cerita Dua Striker Beda Generasi di Laga Bayern Vs Dortmund

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya