Comscore Tracker

Menakar 3 Lawan Timnas Wanita Indonesia di Piala Asia 2022

Lawan berat akan dihadapi Garuda Pertiwi

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia Putri akan memulai perjalanan mereka di Piala Asia 2022 pada 21 Januari mendatang. Tidak tanggung-tanggung, beragam lawan berat sudah menanti Zahra Muzdalifah dan kolega di turnamen nanti.

Indonesia tergabung dalam Grup B di Piala Asia 2022, bersama Australia, Thailand, dan Filipina. Ketiga negara ini, di atas kertas, memiliki kekuatan yang jauh di atas Indonesia, terutama Australia.

1. Thailand, hadirnya kualitas dari kompetisi yang rutin

Menakar 3 Lawan Timnas Wanita Indonesia di Piala Asia 2022potret bendera Thailand (edarabia.com)

Thailand adalah tim yang memiliki kekuatan di atas Indonesia dalam Grup B, baik secara kualitas skuad maupun pengalaman. Thailand bahkan sudah pernah tampil di ajang Piala Dunia Putri, tepatnya pada 2015 dan 2019. Thailand juga pernah menduduki peringkat lima Piala Asia 2014.

Salah satu kunci peningkatan kualitas para pemain Thailand adalah karena mulai digelarnya Liga Sepak Bola Putri Thailand secara rutin. Sejak 2008/09, kompetisi di sana konsisten memproduksi pemain-pemain berkualitas, yang mendorong peningkatan kualitas dari Timnas Putri Thailand.

Nama-nama berpengalaman macam Pikul Khueanpet, Waraporn Boonsing, Silawan Intamee, Taneekarn Dangda, dan beberapa pemain kunci lain bakal memperkuat Thailand di Piala Asia 2022 nanti. Indonesia tentunya harus mewaspadai tim ini.

Baca Juga: Pemain Timnas Putri Dilarang Keluar Kamar di Piala Asia 2022

2. Filipina yang juga memerhatikan sepak bola wanita

Menakar 3 Lawan Timnas Wanita Indonesia di Piala Asia 2022Bendera Filipina. (Pexels.com/Krisia Vinzon)

Sama seperti Thailand, skuad Filipina juga bertabur kualitas dan pengalaman di level Asia. Setelah gagal di Kualifikasi Piala Asia Putri 2014, Filipina sukses mengunci satu tempat di Piala Asia Putri 2018. Sayang, mereka gagal tampil di Piala Dunia Putri pada 2019.

Kualitas skuad Timnas Filipina Putri hadir berkat adanya Liga Sepak Bola Wanita Filipina. Didahului oleh gelaran Piala Sepak Bola Wanita Filipina pada 2014, Liga Sepak Bola Wanita rutin terselenggara sejak 2016 sampai sekarang. Beberapa pemain hebat lahir dari kompetisi ini.

Nama-nama macam Sara Castaneda, Hali Long, Inna Palacios, serta Quinley Quezada, diprediksi bakal merepotkan Indonesia. Selain pemain-pemain yang main di kompetisi lokal, Filipina juga diperkuat nama-nama yang main di luar negeri, seperti Quezada, Sarina Bolden, serta Katrina Guillou.

3. Australia yang unggul jauh secara level

Menakar 3 Lawan Timnas Wanita Indonesia di Piala Asia 2022Ilustrasi bendera Australia. pexels.com/Hugo Heimendinger

Bicara Australia, mereka sudah unggul jauh secara level dari Indonesia. Australia bahkan sudah membentuk tim putri sejak 1970-an awal, seiring dengan berdirinya Asosiasi Sepak Bola Wanita Australia pada 1974.

Hingga kini, para pemain Australia sudah tampil di berbagai ajang internasional, seperti Olimpiade, Piala Dunia Wanita, dan tentunya Piala Asia Wanita. Mereka bahkan sempat menjuarai Piala Asia Wanita pada 2010, dan menjadi runner-up pada 2006, 2014, dan 2018.

Para pemain Timnas Wanita Australia juga rata-rata bermain di Liga Sepak Bola Wanita di Eropa. Ada Clare Polkinghorne yang main di Vittsjo GIK, serta Ellie Carpenter yang main di Olympique Lyon. Selain itu, banyak juga para pemain yang mentas di Premier League Women.

Ada tiga pemain yang main di tim wanita Arsenal, yakni Lydia Williams, Caitlin Foord, serta Steph Catley. Ada Alanna Kennedy dan Hayley Raso yang main di Manchester City, serta Mackenzie Arnold dan Tameka Yallop yang main di West Ham United.

Selain itu, ada juga Emily Gielnik yang main di Aston Villa, Kyah Simon yang main di Tottenham Hotspur, serta Sam Kerr selaku kapten tim yang main di Chelsea. Australia akan jadi tim terberat yang dihadapi Timnas Wanita Indonesia di Piala Asia 2022 nanti.

Baca Juga: Ada Potensi Bendera Indonesia Berkibar di Piala Asia Wanita 2022

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya