Menakar Peluang Newcastle United Tembus Liga Champions

Newcastle masih saja luar biasa

Jakarta, IDN Times - Newcastle United benar-benar mengejutkan musim ini. Dikepung tim-tim macam Arsenal dan Manchester City, skuad berjuluk The Magpies itu mampu menyelinap dan masuk di posisi tiga besar.

Saat ini, Newcastle berada di posisi tiga klasemen sementara Premier League, dengan koleksi 56 poin. Kendati sama dengan Manchester United, mereka unggul selisih gol atas MU sehingga berhak di posisi tiga.

Sontak, berkat hasil yang mereka dapat sejauh ini, Newcastle pun berpotensi untuk finis di posisi empat besar. Nah, akankah itu terwujud?

1. Newcastle United jarang kalah musim ini

Menakar Peluang Newcastle United Tembus Liga ChampionsArsenal ditumbangkan Newcastle United. (ANTARA FOTO/Action Images via Reuters/Lee Smith)

Sejauh ini, dari 29 laga yang sudah Newcastle lakoni di Premier League, mereka minim kekalahan. Tercatat, Newcastle hanya kalah tiga kali. Sisanya, mereka imbang 11 dan menang 15 kali.

Tercatat, hanya ada tiga tim yang berhasil mengalahkan Newcastle musim ini. Mereka adalah Liverpool (dua kali) dan Manchester City. Sisanya, bahkan sekelas Arsenal dan MU sekalipun, urung mengalahkan mereka.

Minimnya kekalahan ini juga yang membuat Newcastle bisa bertahan di posisi empat besar. Bahkan, hingga kini mereka belum tergeser dari posisi tersebut.

Baca Juga: 3 Fakta Menarik Usai MU Keok dari Newcastle United

2. Newcastle United solid musim ini

Menakar Peluang Newcastle United Tembus Liga ChampionsArsenal bersua Newcastle United di Premier League. ( ANTARA FOTO/Action Images via Reuters/Paul Childs)

Selain jarang kalah, salah satu hal yang membuat Newcastle urung terlempar dari empat besar musim ini adalah karena solid. Dari segi penyerangan dan pertahanan, Newcastle begitu ciamik.

Manajer Newcastle, Eddie Howe, berhasil menciptakan keseimbangan di dalam skuad. Dengan skema dasar 4-4-2 yang fleksibel, Howe memoles Newcastle jadi tim yang bisa menguasai bola, plus bertahan dengan struktur yang rapi.

Selain itu, soliditas yang muncul juga merupakan buah dari perekrutan efektif. Mereka mendatangkan banyak pemain yang menopang tim, macam Aleksander Isak, Sven Botman, Matt Targett, dan Nick Pope.

Perekrutan pemain Newcastle yang pas ini diimbangi juga dengan ciamiknya performa para pemain lawas. Miguel Almiron, Callum Wilson, dan Joelinton, juga menopang performa Newcastle musim ini. Almiron bahkan sudah mencetak tujuh gol sejauh ini.

Kombinasi pemain baru dan lama, menjadikan kohesi di tubuh Newcastle sempurna. Tak heran, mereka sanggup bersaing di papan atas Premier League sejauh ini.

3. Mampukah Newcastle finis di posisi empat besar?

Menakar Peluang Newcastle United Tembus Liga ChampionsGoogle Image

Sejauh ini, ada delapan laga sisa yang bakal dilalui Newcastle United di Premier League 2022/23. Dari delapan laga itu, ada tiga laga yang berpotensi merepotkan mereka, yakni bersua Tottenham Hotspur, Arsenal, dan Chelsea.

Menilik hal ini, besar peluang bagi Newcastle United untuk finis di posisi empat besar. Namun, mereka juga kudu waspada, lantaran Leeds United, Everton, dan Leicester City, yang sedang berusaha lepas dari zona degradasi.

Baca Juga: 3 Fakta Menarik Usai MU Keok dari Newcastle United

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya