Menilik Catatan Messi dan Ronaldo di Liga Champions, Siapa Unggul?

Ternyata, Ronaldo lebih unggul

Jakarta, IDN Times - Hingga kini, Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi tidak bisa dipungkiri adalah pemain-pemain terbaik di gelaran Liga Champions. Mereka sudah meraih banyak raihan bergengsi di kompetisi antarklub Eropa terbesar itu.

Bersama Real Madrid dan Manchester United, Ronaldo merasakan manisnya trofi Liga Champions selama lima kali (satu MU, empat Madrid). Sedangkan Messi, dia menjuarai Liga Champions selama tiga kali, dan dua di antaranya berujung treble.

Kini, Ronaldo dan Messi berada di dunia berbeda. Messi masih main di Liga Champions bersama Paris Saint-Germain (PSG), sedangkan Ronaldo main di Liga Europa bersama MU. Namun, bukan berarti catatan keduanya di Liga Champions harus dinafikkan.

Dilansir Planet Football, berikut adalah perbandingan catatan Messi dan Ronaldo di Liga Champions.

1. Ronaldo bergelimang gol dan hat-trick

Menilik Catatan Messi dan Ronaldo di Liga Champions, Siapa Unggul?http://nypost.com/2017/04/14/cristiano-ronaldo-silenced-rape-accuser-with-375k-report/

Sejauh ini, Ronaldo sudah tampil di Liga Champions sebanyak 187 kali, dengan 182 di antaranya menjadi starter. Hanya lima kali dia tampil sebagai pemain pengganti. Sering tampil membuat Ronaldo banyak mencetak gol.

Total Ronaldo menorehkan 141 gol dan 41 asis selama tampil di Liga Champions sejauh ini. Dia juga mencetak banyak hattrick, yakni 12 kali, dengan rataan gol per menit sebanyak 114,9 kali. Tampak, dia begitu produktif di ajang ini.

Salah satu catatan yang mengerikan dari Ronaldo adalah rataan gol per menit non-penaltinya, yakni 132,7 kali. Hal itu menunjukkan bahwa Ronaldo gemar mencetak gol dari situasi open play. Dia kerap jadi penyelesai peluang bagi timnya.

Dengan ketajamannya ini, tak heran juga Ronaldo banyak menggamit trofi Liga Champions. Namun, hal itu tak lepas dari sokongan rekan-rekan setimnya, baik ketika dia berseragam Real Madrid ataupun MU.

Baca Juga: Ronaldo dan Maguire Jadi Starter, MU Balik ke Setelan Pabrik

2. Torehan Messi yang kalah dari Ronaldo

Menilik Catatan Messi dan Ronaldo di Liga Champions, Siapa Unggul?foxsportsasia.com

Dibandingkan Ronaldo, Messi rupanya tampil lebih sedikit di ajang Liga Champions. Tercatat, dia hanya tampil sebanyak 158 kali, dengan 145 di antaranya sebagai starter, dan 13 di antaranya sebagai pemain pengganti.

Dengan catatan tampil yang lebih sedikit, jumlah gol Messi pun kalah dengan Ronaldo. Sejauh ini, Messi baru mencetak 126 gol dan 36 asis, dengan rataan gol per menit sebanyak 104,2 kali. Rataan gol per menit non penaltinya pun hanya 121,6 kali.

Terlepas dari catatannya yang minim, Messi tetap mampu mempersembahkan tiga gelar Liga Champions untuk Barcelona. Sayangnya, selepas era Xavi-Andres Iniesta, serta era MSN (Messi-Suarez-Neymar) tuntas, Messi belum bersinar lagi di Liga Champions.

Baca Juga: Messi Salip Rekor Ronaldo di Liga Champions

3. Ronaldo unggul, tapi tak lagi main di Liga Champions

Menilik Catatan Messi dan Ronaldo di Liga Champions, Siapa Unggul?Cristiano Ronaldo. (Twitter.com/Squawka)

Menilik catatan di atas, tampak bahwa Ronaldo unggul atas Messi, baik soal raihan trofi atau torehan gol. Namun, ada satu keunggulan yang dimiliki Messi, dan tidak dimiliki Ronaldo musim ini. Messi masih main di Liga Champions.

Di sisi lain, Ronaldo hanya sanggup mentas di Liga Europa. Dengan kata lain, torehan Messi masih bisa bertambah bersama PSG di Liga Champions, dan hal itu tidak berlaku bagi eks penggawa Sporting CP tersebut.

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya