Comscore Tracker

Menilik Kekuatan Lawan-Lawan Timnas U-19 di Piala AFF U-19

Vietnam dan Thailand jadi ancaman utama

Jakarta, IDN Times - Timnas U-19 Indonesia akan menjadi tuan rumah Piala AFF U-19 2022 yang akan digelar pada 2 sampai 15 Juli 2022. Pada fase grup Piala AFF U-19 2022 nanti, Timnas U-19 Indonesia sudah ditunggu oleh Vietnam, Thailand, Brunei Darussalam, Filipina, dan Myanmar.

Yuk kita menelisik bersama-sama, seperti apa kekuatan mereka?

1. Vietnam dan Thailand tetap jadi ancaman utama

Menilik Kekuatan Lawan-Lawan Timnas U-19 di Piala AFF U-19Pesepak bola Timnas Indonesia Ricky Kambuaya (tengah) berebut bola dengan pesepak bola Timnas Vietnam Binh Nguyen Thanh (kiri) dalam laga perdana Grup A Sepak Bola SEA Games 2021 di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Vietnam, Jumat (6/5/2022). (ANTARA/Aditya Pradana Putra/nym).

Di Piala AFF U-19 ini, Timnas U-19 kembali berada satu grup dengan Vietnam dan Thailand. Dua negara ini, tidak bisa dimungkiri, adalah kekuatan utama sepak bola Asia Tenggara saat ini. Skuad mudanya juga cukup potensial.

Vietnam memiliki sosok Nguyen Van Tung yang harus diwaspadai Indonesia. Van Tung adalah pemain Hanoi FC, dan dia sempat dipromosikan juga ke Timnas U-23 Vietnam. Dia juga adalah sosok yang turut membawa Vietnam meraih emas di SEA Games 2021.

Sedangkan Thailand, mereka memiliki tiga nama yang harus diwaspadai, yakni Thanawut Phochai, Chonnapat Buaphan, dan Nattakit Butsing. Buaphan adalah sosok yang turut membawa Thailand meraih perak di SEA Games 2021.

Phochai sendiri cukup menonjol dalam laga uji coba jelang Piala AFF U-19 2022 usai melesakkan dua gol. Sementara itu, Butsing juga layak diwaspadai lantaran dia punya pengalaman main di Eropa bersama Union Adarve, klub asal Spanyol.

Baca Juga: Timnas U-19 Kian Matang Jelang Piala AFF

2. Filipina, Brunei, dan Myanmar yang siap berikan kejutan

Menilik Kekuatan Lawan-Lawan Timnas U-19 di Piala AFF U-19Timnas Indonesia U-23 berhasil kalahkan Filipina, 4-0, dalam duel di penyisihan Grup A SEA Games 2021, Jumat (13/5/2022). (dok. PSSI)

Selain Vietnam dan Thailand, tiga tim lain juga layak diwaspadai. Ada Filipina, Brunei, dan Myanmar yang juga akan jadi lawan Indonesia. Khusus Filipina, mereka memiliki nama Cyrelle Saut. Dia tajam dalam hal penyelesaian akhir.

Dari Brunei, ada nama Eddy Shahrol Izzat yang juga punya potensi untuk mengancam. Eddy sudah membela Brunei sejak U-15, dan sejak saat itu, dia sudah mencuri perhatian. Eddy kini berstatus sebagai kapten Timnas U-19 Brunei.

Lalu untuk Myanmar, mereka juga harus tetap diwaspadai. Sama seperti di SEA Games 2021 lalu, skuad muda Myanmar tetap punya potensi untuk menggigit. Mereka juga punya sejarah yang apik di Piala AFF U-19.

3. Timnas U-19 terus mempersiapkan diri

Menilik Kekuatan Lawan-Lawan Timnas U-19 di Piala AFF U-19TC Timnas U-19 di Stadion Madya. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Bersua lawan-lawan dengan kekuatan dan potensi yang merata, Timnas U-19 terus bersiap. Pelatih Timnas U-19, Shin Tae Yong, mengungkapkan bahwa saat ini anak-anak asuhnya mengalami perkembangan, terutama dalam aspek organisasi permainan.

"Sangat senang karena performa pemain lumayan. Memang baru saja memasuki training camp beberapa hari, tapi secara organisasi menjadi baik. Jadi saya senang," ujar Shin, dilansir situs resmi PSSI.

Timnas U-19 akan memulai perjalanannya di Piala AFF U-19 dengan bersua Vietnam, 2 Juli mendatang. Baru setelahnya, mereka akan lanjut menghadapi Brunei, Thailand, Filipina, dan Myanmar.

Baca Juga: Jelang Kualifikasi Piala Asia U19, PSSI Rilis Foto Timnas Latihan di Korea Selatan

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya