Menpora: Belum Ada Keputusan Soal Liga 1 dan Liga 2 

Izin dari polisi masih belum turun

Jakarta, IDN Times - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menyebut, belum ada keputusan soal izin Liga 1 dan Liga 2 2021. Ia mengungkapkan pertemuan antara Menpora, PSSI, PT LIB, dan Polri di Kemenpora pada Rabu (10/2/2021) belum membahas soal itu.

"Kita belum mengambil keputusan apapun, karena nanti keputusannya (izin Liga 1 dan Liga 2) setelah ini. Jangan ada yang salah paham seolah-olah kita sudah rapat kemudian begitu rapat kita langsung memutuskan," ujar Zainudin dalam jumpa pers virtual, Rabu (10/2/2021).

1. Pertemuan tadi membahas kesiapan PSSI dan PT LIB

Menpora: Belum Ada Keputusan Soal Liga 1 dan Liga 2 Pertemuan Menpora, PSSI, Polri, dan PT LIB soal izin Liga 1 2021. (Dok. Humas Kemenpora)

Zainudin memaparkan, pertemuan tadi mendiskusikan kesiapan PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) dalam menggelar Liga 1 dan Liga 2. PSSI dan PT LIB melakukan pemaparan soal rencana penyelenggaraan kompetisi--termasuk penerapan protokol kesehatan--kemudian dikomentari oleh Polri, BNPB, dan Satgas COVID-19.

"Tadi kita sudah dengarkan semua (pemaparan PSSI dan PT LIB), kemudian direspons, dikomentari oleh pihak BNPB Satgas COVID-19, dan juga oleh Polri. Dari apa yang disampaikan secara umum, tentu kita mendapatkan gambaran tentang kesiapan dari PSSI serta PT LIB," ujar Zainudin.

Baca Juga: Temui Kapolri, Menpora Minta Izin Liga I Tetap Digelar

2. Pemaparan ini jadi bahan bagi Polri

Menpora: Belum Ada Keputusan Soal Liga 1 dan Liga 2 Pertemuan Menpora, PSSI, Polri, dan PT LIB soal izin Liga 1 2021. (Dok. Humas Kemenpora)

Zainudin selanjutnya menyebut bahwa pemaparan PSSI dan PT LIB akan jadi bahan penilaian bagi Polri dalam mengeluarkan izin nantinya. Walhasil, ke depan komunikasi antara pihak-pihak terkait akan tetap terjalin.

"Ini menjadi bahan buat Polri, untuk mempelajari, mengkaji (izin), dan apabila ada hal yang perlu dikomunikasikan dengan penyelenggara, yaitu PSSI dan PT LIB, masih ada waktu," ungkap politikus Partai Golkar itu.

3. Liga 1 dan Liga 2 diprediksi mulai selepas Lebaran

Menpora: Belum Ada Keputusan Soal Liga 1 dan Liga 2 Liga-Indonesia.id

Direktur Utama PT LIB Akhmad Hadian Lukita mengungkapkan, kompetisi Liga 1 dan Liga 2 paling mungkin bisa digelar kembali selepas lebaran, yaitu pada Juni atau Juli. Saat ini LIB sendiri masih melakukan hitung-hitungan terkait jadwal Liga 1 dan Liga 2 2021.

Ada alasan tersendiri mengapa LIB membuka kemungkinan menggelar kompetisi selepas lebaran. Dengan persiapan yang lebih panjang, LIB berupaya memberikan kesempatan bagi klub untuk mematangkan dan mempersiapkan tim.

"Sekarang kan tim Liga 1 dan Liga 2 juga lagi pada banyak yang menghentikan aktivitas dulu, banyak yang sudah memulangkan pemainnya, dan untuk mendapatkan pemain lagi perlu diskusi lebih dalam. Terus, kan kalau persiapan lebih lama nanti liganya juga akan lebih bagus hasilnya," ujar Akhmad.

Baca Juga: PSSI Minta PT LIB Segera Buat Format Liga 1 dan Liga 2 2021

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya