Menpora Siap Bantu Penyelenggaraan Kompetisi Olahraga 

Asal, kompetisi ini tidak menjadi kluster baru COVID-19

Jakarta, IDN Times - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengatakan Kemenpora siap membantu cabang olahraga dalam hal penyelenggaraan kompetisi di masa pandemik COVID-19 ini.

Dalam acara webinar bertajuk "Harapan Olahraga Indonesia di Tengah Pandemi", Zainudin mengungkapkan siap berkomunikasi lebih lanjut dengan Kapolri, Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, perihal penyelenggaraan kompetisi olahraga di Indonesia.

"Tadi di Istana saya sudah ketemu Kapolri, satu dua hari ini saya segera berkoordinasi dengan beliau, dan beliau menyambut baik (soal penyelenggaraan kompetisi olahraga di Indonesia)," ungkap Zainudin, Rabu (3/2/2021).

1. Menpora: Kompetisi bisa terlaksana asal tidak jadi kluster baru COVID-19

Menpora Siap Bantu Penyelenggaraan Kompetisi Olahraga Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia (RI) Zainudin Amali (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Menpora mengatakan kompetisi olahraga di Indonesia sejatinya bisa terlaksana. Asal, merujuk kepada syarat dari Kapolri, kompetisi olahraga tersebut nantinya tidak menjadi kluster baru penyebaran COVID-19.

"Beliau (Kapolri) menyambut baik penyelenggaraan kompetisi, sepanjang itu tidak menimbulkan kluster baru untuk penyebaran COVID-19. Itu catatan paling penting," Zainudin.

Baca Juga: LIB Siap Matangkan Protokol Kesehatan demi Izin Liga 1 dan Liga 2 

2. Menpora apresiasi persiapan PSSI dan IBL

Menpora Siap Bantu Penyelenggaraan Kompetisi Olahraga Menpora Zainudin Amali bersama dengan Ketua PSSI Mochamad Iriawan (Dok. IDN Times/Istimewa)

Zainudin mengapresiasi persiapan yang sudah dilakukan PSSI dan IBL perihal persiapan kompetisi. Menurutnya, PSSI dan IBL sudah menerapkan protokol yang ketat untuk pelaksanaan kompetisi sepak bola dan basket di Indonesia.

Alhasil, Zainudin pun meminta kepada semua cabor yang memiliki kompetisi olahraga, terutama yang bersifat profesional, agar mau memaparkan protokol kesehatan yang sudah mereka susun, agar bisa menjadi dasar rekomendasi Kemenpora kepada Polri.

"Untuk cabor yang ada liga profesionalnya, yakni sepak bola, basket, dan voli. Saya minta untuk dipaparkan lagi, untuk keyakinan terakhir supaya kita bisa merekomendasikan kepada pihak Polri, karena pasti Polri akan minta rekomendasi dari kami, karena itu menjadi pegangan," ujar Zainudin.

3. Menpora berjanji tidak akan membiarkan cabor kesusahan

Menpora Siap Bantu Penyelenggaraan Kompetisi Olahraga 

Zainudin menyebut bahwa Kemenpora tidak akan membiarkan cabor kesusahan. Mereka akan membantu sebisa mungkin agar cabor tetap bisa mengadakan kompetisi di tengah pandemik COVID-19 ini, dengan protokol kesehatan yang ketat tentunya.

"Kita tidak akan membiarkan cabor susah sendiri, karena susahnya cabor juga susahnya Kemenpora, dan jadi susahnya pemerintah juga," ungkap Menpora.

Baca Juga: Terkait Vaksinasi Atlet, Menpora: Semua Tergantung Kemenkes

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya