Meski Menang, Iwan Bule Nilai Timnas U-16 Harus Evaluasi

Banyak kekurangan di skuad Timnas U-16

Jakarta, IDN Times - Timnas U-16 Indonesia memang meraih kemenangan di laga perdana Piala AFF U-16 2022. Namun, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, menilai bahwa skuad Garuda Asia masih perlu banyak evaluasi.

Bersua Filipina di Stadion Maguwoharjo, Minggu (31/7/2022) malam, Timnas U-16 menang dengan skor 2-0. Gol-gol dari Arkhan Kaka Purwanto dan gol bunuh diri Jared Pena membawa skuad Garuda Asia pada kemenangan.

Meski begitu, Iriawan melihat masih ada kekurangan yang harus dibenahi oleh skuad Garuda Asia. Kekurangan itu dia jabarkan saat ditemui wartawan selepas pertandingan.

Baca Juga: Timnas U-16 Buang Banyak Peluang Lawan Filipina, Kenapa?

1. Fisik pemain Timnas U-16 masih kurang

Meski Menang, Iwan Bule Nilai Timnas U-16 Harus EvaluasiTimnas U-16 bersua Filipina di Piala AFF U-16 2022. (pssi.org)

Iriawan melihat, fisik dari para pemain Timnas U-16 masih kurang. Selain itu, para pemain Timnas U-16 juga kerap melakukan gerakan tidak perlu, plus penyelesaian akhir yang kurang. Kiper skuad Garuda Asia, Andrika Rachman, bahkan hampir blunder.

"Fisik para pemain belum begitu maksimal. Mungkin masih kurang latihan fisik. Saya meminta itu ditingkatkan," ujar Iriawan, dilansir ANTARA.

Baca Juga: Menilik Perjalanan Timnas U-16 Indonesia di Piala AFF U-16

2. Semangat main individual yang masih tinggi

Meski Menang, Iwan Bule Nilai Timnas U-16 Harus EvaluasiTimnas U-16 bersua Filipina di Piala AFF U-16 2022. (pssi.org)

Iriawan juga melihat, anak-anak muda di Timnas U-16 ini tampak masih ingin memperlihatkan mereka bisa membawa dan mengoper bola. Namun, dia meminta agar hal itu dikurangi, karena bisa jadi sesuatu yang dimanfaatkan lawan.

"Mereka ini anak-anak, jadi mungkin masih ingin memperlihatkan mereka bisa menggiring, mengoper bola. Namun, kan, kalau lawan mampu mencetak gol, skor akan jadi 2-1 dan berikutnya bisa saja 2-2," ujar Iriawan.

3. Ketum PSSI minta evaluasi segera dilakukan

Meski Menang, Iwan Bule Nilai Timnas U-16 Harus EvaluasiKetua Umum PSSI, Mochamad Iriawan di gedung Kemenpora (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Menyikapi hal ini, Iriawan meminta agar evaluasi segera dilakukan. Dia pun memerintahkan Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri, untuk segera berkomunikasi dengan Bima Sakti selaku pelatih Timnas U-16, untuk memperbaiki kekurangan yang ada.

"Masih banyak kekurangan. Saya menginstruksikan juga kepada Direktur Teknik PSSI untuk menunjukkan potongan-potongan video kesalahan pemain untuk jadi bahan evaluasi agar penampilan tim lebih baik di laga selanjutnya," ujar Iriawan.

Saat ini, Timnas U-16 bertengger di posisi kedua klasemen sementara Grup A Piala AFF U-16 2022. Mereka kalah selisih gol dari Vietnam, yang berhasil menundukkan Singapura dengan skor 5-1 di hari yang sama.

Baca Juga: Iwan Bule Targetkan Timnas U-19 Juara Piala AFF

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya