Iwan Bule Targetkan Timnas U-19 Juara Piala AFF

Optimisme Iwan Bule begitu tinggi ke Garuda Muda

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan alias Iwan Bule memiliki harapan besar kepada Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 2022. Juara didapuk sebagai harga mati.

Ya, Piala AFF U-19 2022 tinggal menghitung hari. Rangkaian turnamen akan dimulai pada 2-15 Juli mendatang, di Stadion Patriot Candrabhaga (Bekasi), dan Stadion Madya (Jakarta).

"Target untuk U-19 adalah juara. Mudah-mudahan itu bisa," kata Iwan Bule saat menyambangi latihan Timnas Indonesia U-19 latihan, di Stadion Madya, Senayan, Kamis (23/6/2022).

Baca Juga: 3 Kekurangan Timnas Indonesia U-19, Shin Tae Yong Harus Cepat Benahi

1. Tingginya optimisme Iwan Bule

Iwan Bule Targetkan Timnas U-19 Juara Piala AFFLatihan Timnas Indonesia U-19, Kamis (23/6/2022). (IDN Times/Tino)

Iwan Bule mamang sangat optimistis Garuda Muda bisa menjuarai Piala AFF. Selain main di depan publik sendiri, Ronaldo Kwateh dan kawan-kawan dicap sudah banyak perkembangan.

Apalagi sebelum itu mereka sempat mengikuti Toulon Cup 2022 beberapa pekan lalu, yang notabenenya juga disertai tim kuat. Sayang, Garuda Muda gagal mengukir rapor hijau.

Namun setidaknya adalah hal bagus yang bisa diaplikasikan di Piala AFF nanti. Pertahnan mereka cukup kokoh, karena hanya kebobolan tiga gol dari tiga pertandingan, menghadapi tim kategori muda Venezuela, Meksiko dan Ghana.

"Mereka juga yang akan bermain di Piala Dunia U-20 tahun depan, Jadi mudah-mudahan performa mereka mengingkat. Mereka juga yang kemarin main di Toulon, Prancis," sahut Iwan.

Baca Juga: Janji Shin Tae Yong Buat Indonesia: Tak Cuma Jadi Penghias Piala Asia

2. Shin Tae Yong harus cepat benahi kekurangan Garuda Muda

Iwan Bule Targetkan Timnas U-19 Juara Piala AFFIwan Bule, Shin Tae Yong, dan Indra Sjafri di latihan Timnas Indonesia U-19, Kamis (23/6/2022). (IDN Times/Tino)

Demi meraih target itu, Shin Tae Yong harus cepat membenahi kekurangan Timnas Indonesia. Sebab, kekurangan itu tampak jelas saat sesi latihan.

Pertama fisik yang belum optimal, lalu passing yang kerap salah. Shin juga kerap kali dibuat kesal karena begitu banyak kesalahan passing yang terjadi dalam sesi latihan.

3. Shin Tae Yong minta Garuda Muda jaga fokus dan konsistensi

Iwan Bule Targetkan Timnas U-19 Juara Piala AFFTC Timnas U-19 di Stadion Madya. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Persaingan Marselino Ferdinan dan kolega juga cukup berat. Mereka tergabung di Grup A, bersama Thailand, Vietnam, Myanmar, Filipina dan Brunei Darussalam.

Namun Shin tak pesimistis. Optimismenya kepada anak asuhnya begitu tinggi. Namun, mereka harus menjaga fokus dan konsistensi untuk bisa lolos grup, dan melenggang ke final.

"Pastinya kita harus persiapkan dengan baik. Jadi, lawan Vietnam dan Thailand harus fokus tidak boleh lengah karena kedua tim terkuat di ASEAN," ujar Shin Tae Yong.

Baca Juga: Termasuk Jerman, 7 Negara Besar Ini Pernah Jadi 'Korban' Shin Tae-yong

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya