Momen Emosional Ilkay Guendogan, Harus Bunuh Dortmund Demi ManCity

Guendogan pernah bersinar bersama Dortmund

Jakarta, IDN Times - Duel Manchester City versus Borussia Dortmund di leg 1 perempat final Liga Champions, Selasa (6/4/2021) atau Rabu dini hari WIB, akan menjadi momen emosional bagi Ilkay Guendogan. Sebab, Dortmund merupakan klub yang begitu berjasa terhadap karier Dortmund.

Guendogan memang tak ditempa oleh akademi Dortmund. Namun, sejak promosi ke level senior, Guendogan mendapat kepercayaan besar untuk tampil sebagai starter. Juergen Klopp adalah manajer yang berani mempromosikan Guendogan.

Hingga akhirnya, Guendogan bersinar bersama sejumlah anggota generasi emas Dortmund, seperti Marco Reus, Mario Goetze, hingga Robert Lewandowski.

Baca Juga: Megaproyek ManCity Rekrut Haaland Jadi Penerus Aguero

1. Mengantarkan Dortmund juara Bundesliga

Momen Emosional Ilkay Guendogan, Harus Bunuh Dortmund Demi ManCityskysports.com

Bersama generasi emas Dortmund, Guendogan banyak menghadirkan trofi. Sumbangsihnya dimulai sejak musim 2011/12.

Ketika itu, selain gelar Bundesliga, Dortmund juga merengkuh gelar DFB Pokal. Guendogan jadi motor permainan Dortmund di lini tengah. Dia mencatatkan 35 penampilan bersama Dortmund saat itu, berbalut catatan empat gol.

2. Membawa Dortmund ke final Liga Champions

Momen Emosional Ilkay Guendogan, Harus Bunuh Dortmund Demi ManCityfourfourtwo.com

Salah satu kenangan manis Guendogan yang lain bersama Dortmund adalah final Liga Champions. Dia jadi bagian dari tim Dortmund yang mampu melangkah ke babak final kompetisi antar klub Eropa tersebut pada musim 2012/13.

Saat itu, Guendogan masih jadi motor permainan lini tengah Dortmund, bersama Sven Bender, Nuri Sahin, hingga Sebastian Kehl. Sayang, Dortmund gagal jadi juara setelah takluk dari Bayern Munich di final dengan skor tipis 1-2.

3. Kini, Guendogan jadi motor permainan City

Momen Emosional Ilkay Guendogan, Harus Bunuh Dortmund Demi ManCityPemain Manchester City Ilkay Gundogan merayakan gol ke gawang West Bromwich Albion pada pertandingan Liga Inggris di Stadion The Hawthorns, West Bromwich, Rabu (27/1/2021) dini hari. City pesta gol 5-0 dan naik ke puncak klasemen sementara. ANTARA FOTO/Pool via REUTERS/Laurence Griffiths

Seiring dengan kepindahannya ke ManCity, Guendogan sempat menjalani proses adaptasi bahkan kesulitan. Kini, di musim 2020/21, dia jadi salah satu pemain paling menakutkan di lini tengah ManCity. Tidak cuma jadi motor permainan, dia juga jadi pencetak gol ulung.

Total, Guendogan telah mencetak 16 gol dari 34 penampilannya bersama ManCity di semua kompetisi musim ini. Dengan catatannya itu, dia diprediksi bakal jadi momok bagi Dortmund, yang kini tengah dalam kondisi limbung.

Baca Juga: ManCity Harus Hati-hati, Dortmund Bisa Saja Hancurkan Mimpi

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya