Mourinho Diisukan Jadi Pelatih Portugal, Status di Roma Bagaimana?

Mourinho buka peluang latih Bruno Fernandes dan kolega

Jakarta, IDN Times - Kabar mengejutkan datang dari Portugal. Salah satu sosok pelatih kenamaan dari mereka, Jose Mourinho, dikabarkan siap jadi pelatih tim nasional dalam ajang Piala Eropa 2024 mendatang.

Dilansir Corriere dello Sport, Mourinho sudah berbincang-bincang dengan Federasi Sepak Bola Portugal (FPF). Terbuka kemungkinan baginya untuk melakoni peran paruh waktu sebagai pelatih Portugal.

1. Seperti apa peran paruh waktu itu?

Mourinho Diisukan Jadi Pelatih Portugal, Status di Roma Bagaimana?potret Jose Mourinho (instagram.com/josemourinho)

Jadi, Mourinho kemungkinan akan jadi pelatih Portugal merangkap manajer AS Roma ke depannya. Dengan begitu, ketika Portugal tidak menghadapi jeda internasional, dia tetap akan jadi manajer Roma.

Barulah ketika memasuki jeda internasional, Mourinho akan bergabung bersama skuad Portugal. Tampak seperti peran yang berat, tetapi pernah ada yang melakukannya.

Baca Juga: Pesan Menyentuh Ronaldo Usai Portugal Gagal di Piala Dunia 2022

2. Mengikuti jejak Kevin Keegan

Mourinho Diisukan Jadi Pelatih Portugal, Status di Roma Bagaimana?Kevin Keegan (twitter.com/premierleague)

Jika Mourinho melakoni ini, dia akan mengikuti jejak Kevin Keegan. Pada 1999 silam, Keegan pernah jadi pelatih Inggris, merangkap manajer Fulham. Dia jadi pengganti Glenn Hoddle saat itu.

Namun, Keegan melakoni ini hanya dalam waktu sementara. Pada akhirnya, selepas musim 1998/99, Keegan memutuskan untuk jadi pelatih Inggris selama penuh waktu.

3. Mungkinkah Mourinho jadi pelatih Portugal?

Mourinho Diisukan Jadi Pelatih Portugal, Status di Roma Bagaimana?Jose Mourinho, manajer baru AS Roma. (instagram.com/josemourinho)

Dengan adanya pembicaraan ini, terbuka juga kemungkinan bagi Mourinho untuk jadi pelatih penuh waktu Portugal. Skuad Selecao das Quinas tentu butuh penyegaran, setelah Fernando Santos jadi pelatih dalam waktu lama.

Santos memang sempat mengantarkan Portugal juara Piala Eropa 2016. Akan tetapi, menarik juga untuk melihat, Jose Mourinho yang bergelimang prestasi di level klub menangani para pemain Timnas nantinya.

Baca Juga: Portugal Keok, Fernando Santos Ngamuk

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya