Pelatih PSM dan Persikabo Komentar Keras Masalah Wasit

Wasit kembali menjadi buah bibir

Jakarta, IDN Times - Wasit kembali menjadi buah bibir di Liga 1. Pelatih Bernardo Tavares dan Pelatih Persikabo Aidil Sharin kompak mengomentari kinerja wasit di laga Persikabo 1973 lawan PSM Makassar, Kamis (9/3/2023) sore WIB.

Laga ini sendiri berakhir dengan keunggulan PSM 1-0 atas Persikabo. PSM mengunci kemenangan lewat gol yang dicetak Ramadhan Sananta dari kotak penalti. Namun, rupanya wasit masih jadi sorotan di laga ini,

1. Bernardo Tavares kritik wasit yang tak memberi penalti

Pelatih PSM dan Persikabo Komentar Keras Masalah WasitPelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares. (IDN Times/Sandy Firdaus)

PSM sejatinya mendapatkan penalti di laga ini, tepatnya di penghujung laga. Namun, Tavares rupanya masih tidak puas. Dia merasa ada satu momen lagi di mana PSM semestinya dapat penalti. Itu terjadi pada menit 12.

"Menit ke-12, penalti harusnya kami dapat dan ada satu momentum Yakob (Sayuri) menarik baju Persikabo, kartu kuning dan benar keputusan wasit itu. Tetapi sebelumnya Kenzo (Nambu) juga ditarik, saya tidak tahu kenapa aturannya berbeda," kata Tavares dalam sesi jumpa pers selepas laga.

Baca Juga: Hitung-Hitungan Kans PSM Makassar Juara Liga 1 Musim Ini

2. Persikabo juga mengomentari soal wasit

Pelatih PSM dan Persikabo Komentar Keras Masalah WasitPersikabo bersua PSM di Liga 1 2022/23. (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Serupa dengan Tavares, Aidil juga mengomentari kepemimpinan wasit di laga ini. Dia menyebut, semestinya Persikabo mendapatkan hadiah penalti di babak pertama. Namun, mereka tidak mendapatkannya.

"Saya lihat di video, di babak pertama, seharusnya kita dapat penalti. Di babak kedua, lagi saya lihat di video (pertandingan), tidak ada sentuhan bola terhadap tangan, saya tidak tahu kenapa pemain saya dihukum penalti," ujar Aidil.

3. Aidil dan Tavares minta pembenahan wasit

Pelatih PSM dan Persikabo Komentar Keras Masalah WasitPersikabo bersua PSM di Liga 1 2022/23. (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Lebih lanjut, baik itu Tavares maupun Aidil meminta pembenahan yang sama. Mereka ingin, wasit di Liga 1 2022/23 jadi lebih baik. Jangan ragu untuk memecat wasit yang memang tidak memimpin laga dengan baik.

"Kalau misalkan pelatih buruk, out, pemain juga sama, out, ada konsekuensi, tapi dengan wasit, saya tidak tahu. Kita sebagai profesional harusnya ada konsekuensi. Saya tidak ada masalah dengan wasit, asalkan wasit memang menerapkan aturan yang sama kepada kedua tim," ujar Tavares.

"Saya pernah melatih di Singapura dan Malaysia, pernah melatih di AFC Cup juga, jika ada wasit yang buat salah mereka dihukum, tidak menunggu dua sampai tiga laga, ini yang harus diperbaiki di Indonesia. Saya lihat banyak game dan masalahnya di situ (wasit), termasuk Persikabo lawan PSM ini," ujar Aidil.

Baca Juga: Menang 0-1 Atas Persikabo, Tavares: Ini Penampilan Terburuk PSM!

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya