Penantian 20 Tahun, Newcastle United Kembali ke Liga Champions

Newcastle United impresif musim ini

Jakarta, IDN Times - Newcastle United memang tidak meraih kemenangan di laga pekan 37 Premier League 2022/23. Namun, hasil ini rupanya sudah cukup untuk membawa The Magpies melaju ke Liga Champions musim depan.

Newcastle hanya mampu meraih hasil imbang lawan Leicester City pada Selasa (23/5/2023) dini hari WIB. Tampil dominan sepanjang laga, Newcastle tidak mampu mencetak gol hingga laga tuntas.

Meski gagal menang, hasil itu sudah cukup bagi Newcastle. Mereka akhirnya kembali lagi ke Liga Champions.

1. Newcastle tak akan tersusul Liverpool

Penantian 20 Tahun, Newcastle United Kembali ke Liga Championspotret pemain Newcastle United (skysports.com)

Buntut dari hasil imbang lawan Leicester, Newcastle sukses mengumpulkan 70 poin. Koleksi poinnya tak mungkin lagi dikejar oleh Liverpool, yang baru mencatatkan 66 poin. Mengapa demikian?

Dengan sisa satu laga di Premier League, selisih empat poin sudah tidak mungkin lagi dikejar oleh Liverpool. Hasil apa pun yang didapat Newcastle di laga terakhir liga nanti, Liverpool sudah tak bisa lagi menggeser mereka.

Baca Juga: Liverpool Terjun Lagi ke Liga Europa Musim Depan

2. Newcastle United memang impresif musim ini

Penantian 20 Tahun, Newcastle United Kembali ke Liga ChampionsInfografis kembalinya Newcastle United ke Liga Champions (IDN Times / Aditya Pratama)

Keberhasilan Newcastle melenggang ke Liga Champions musim depan, tak lepas dari performa ciamik yang ditunjukkan sepanjang musim ini. Mereka sempat tidak terkalahkan sejak pekan enam hingga 23.

Rinciannya, dari 17 laga, Newcastle menang sembilan kali dan meraih hasil imbang delapan kali. Buah dari hasil ini, Newcastle sempat jadi ancaman tim-tim papan atas Premier League yang lain, termasuk Arsenal dan Manchester City.

3. Newcastle kembali rasakan magis Liga Champions

Penantian 20 Tahun, Newcastle United Kembali ke Liga ChampionsArsenal ditumbangkan Newcastle United. (ANTARA FOTO/Action Images via Reuters/Lee Smith)

Kini, Newcastle merasakan lagi magis dari Liga Champions. Namun, sejatinya ini bukan panggung Liga Champions perdana mereka. Pada musim 1997/98 dan 2002/03, Newcastle sempat mentas di Liga Champions.

Namun, penampilan Newcastle United di dua gelaran Liga Champions itu juga tidak terlalu baik. Mereka terhenti di fase grup. Nah, akankah mereka mampu memperbaiki performa mereka di kompetisi kasta tertinggi antarklub Eropa tersebut musim depan?

Baca Juga: 10 Fakta Joelinton, Gelandang Serang Andalan Newcastle United

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya