Persebaya Gagal Lolos ke Perempat Final Piala Presiden 2022

Persebaya kalah dari Bali United

Jakarta, IDN Times - Persebaya Surabaya kalah dalam laga kedua Piala Presiden 2022. Bersua Bali United di Stadion Si Jalak Harupat, Senin (20/6/2022), tim 'Bajul Ijo' tumbang di tangan 'Serdadu Tridatu' dengan skor 1-0.

Gol tunggal kemenangan Bali United ini dicetak oleh Ramdani Lestaluhu di menit 52. Berkat kemenangan ini, 'Serdadu Tridatu' membuka peluang lolos ke perempat final Piala Presiden 2022, sekaligus memutus jalan Persebaya.

Di awal babak pertama, kedua tim saling melakukan jual beli serangan. Sho Yamamoto jadi motor serangan Persebaya, dengan manuver-manuver yang dia lakukan di sisi kiri. Sedangkan Bali United masih mengandalkan Eber Bessa.

Namun, Bali United jadi tim yang lebih dominan di laga ini. Beberapa kali, mereka sempat menghadirkan ancaman ke gawang Persebaya, lewat sontekan Eber Bessa dan Lerby Eliandry. Persebaya pun sempat berada di kondisi tertekan.

Namun, Persebaya tidak tinggal diam. Lewat pergerakan Sho, 'Bajul Ijo' berusaha memberikan sedikit suntikan lewat serangan balik. Itu terbukti dari peluang yang dicetak oleh Silvio Junior dan Higor Vidal. Situasi ini berlangsung sampai water break.

Selepas water break, kedua tim masih mencari angka. Namun, kebuntuan menghampiri Persebaya dan Bali United. Alhasil, skor 0-0 bertahan sampai babak pertama tuntas. Memasuki babak kedua, Persebaya dan Bali United melakukan perubahan.

Persebaya memasukkan RIzky Ridho, Marselino Ferdinan, dan Ahmad Nufiandani untuk menyeimbangkan permainan. Lalu Bali United, setelah mengganti Ahmad Agung di babak pertama, memasukkan Hendra Bayauw dan Privat Mbarga.

Perubahan-perubahan ini membawa efek yang baik bagi permainan. Bali United pun mencatatkan keunggulan pada menit 52. Berawal dari umpan Jajang Mulyana, Ramdani Lestaluhu sukses mencetak gol untuk Bali United. Skor berubah 1-0.

Tertinggal satu angka, Persebaya langsung meningkatkan intensitas laga. Masuknya Marselino membuat aliran bola Persebaya di lini tengah lebih berjalan. Mereka kembali coba mengancam lewat sisi sayap, ditopang aliran bola dari tengah.

Tidak cuma dari open play, Persebaya juga mengancam lewat skema bola mati. Beberapa kali, Riswan mampu memanfaatkan peluang dari sepak pojok. Namun, semua peluang ini tidak kunjung berbuah gol sampai water break.

Setelah water break, Persebaya masih terus menekan. Bahkan, Rizky Ridho sudah kerap naik ke lini tengah untuk ikut membagi bola. Dua bek sayap juga kerap maju membantu serangan. Namun, upaya ini masih belum cukup.

Persebaya urung mencetak gol di sisa waktu babak kedua. Sampai babak kedua tuntas, Bali United berhasil menjaga keunggulan 1-0 atas 'Bajul Ijo'. Skuad asuhan Aji Santoso ini pun gagal lolos ke perempat final Piala Presiden 2022.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya