Persija Tanpa Pemain Kunci, Persebaya Tetap Waspada

Persebaya waspadai kolektivitas Persija

Jakarta, IDN Times - Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso, menyebut laga lawan Persija Jakarta pada Minggu (30/7/2023) tak akan berjalan mudah. Pasalnya, ada satu hal yang dia waspadai dari skuad 'Macan Kemayoran', yaitu kolektivitas.

Di laga nanti, Persija tidak akan diperkuat beberapa pemain kunci. Selain Muhammad Ferarri yang menjalani pendidikan kepolisian, Marko Simic, Hansamu Yama, Sandi Arta Samosir, dan Oliver Bias yang absen. Namun, Aji melihat itu bukanlah keuntungan.

"Meskipun saya lihat mungkin (Marko) Simic tidak bisa main, tetapi menurut saya itu bukan suatu keuntungan buat kami karena, sejak dilatih oleh Thomas Doll, Persija lebih mengedepankan kolektivitas," ujar Aji dalam sesi jumpa pers sebelum laga.

1. Persebaya juga tengah pincang

Persija Tanpa Pemain Kunci, Persebaya Tetap WaspadaAksi pemain Persebaya, Bruno Moreira saat dikawal ketat pemain Persis Solo. Instagram @officialpersebaya

Sama dengan Persija, Persebaya juga sejatinya tengah pincang. Aji mengaku, ada beberapa pemain intinya yang tak bisa main, salah satunya adalah kiper Timnas U-23, Ernando Ari Sutaryadi yang tak berangkat ke Jakarta karena tidak fit.

"Sama juga dengan Persebaya, kami ada beberapa pemain yang tidak bisa main. Seperti Ernando, dia dipastikan tidak bisa tampil dan berangkat ke Jakarta karena kondisi kurang fit. Tapi kami akan tetap fokus hadapi Persija," kata Aji.

Baca Juga: Persija vs Persebaya, Doll: Saya Ingin Ubah Gaya Permainan Tim

2. Persebaya siap hadapi teror suporter

Persija Tanpa Pemain Kunci, Persebaya Tetap WaspadaIlustrasi Jakmania. (Istimewa)

Keadaan juga sulit bagi Persebaya di laga ini, lantaran mereka bakal bermain di hadapan puluhan ribu The Jakmania yang memadati Gelora Bung Karno (GBK). Aji pun meminta para pemainnya untuk bermain lepas tanpa beban.

"Saya sampaikan, justru dengan lapangan yang besar, rumput yang bagus, penonton yang banyak, seharusnya pemain-pemain itu gembira, harus happy, harus enjoy karena aksi-aksi pemain akan disaksikan oleh banyak penonton," kata Aji.

3. Persebaya berbekal rekor apik

Persija Tanpa Pemain Kunci, Persebaya Tetap WaspadaIDN Times/Fajar Ardiansyah

Jelang laga nanti, Persebaya memiliki catatan apik. Dalam enam pertemuan terakhir lawan Persija, mereka hanya kalah sekali. Sisanya, mereka menang dua kali dan tiga kali imbang.

Akan tetapi, musim lalu, Persebaya dibuat tidak berkutik oleh Persija. Setelah bermain imbang 1-1 di Jakarta, 'Bajul Ijo' urung mengalahkan 'Macan Kemayoran' di Surabaya. Mereka tumbang 0-1. 

Baca Juga: Ada Pemain Persija yang Mau Jadi ASN, Bukan Polisi

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya