Comscore Tracker

Persipura dan Madura United Bubar, PT LIB Maklum

Persipura dan Madura United sudah membubarkan tim

Jakarta, IDN Times - Kompetisi Liga 1 dan Liga 2 belum jelas kapan bergulir. Beberapa tim mengambil langkah ekstrem, yakni menghentikan seluruh aktivitas dan membubarkan tim sampai ada kejelasan soal kompetisi. Mereka yang sudah bubar adalah Persipura dan Madura United.

Menanggapi hal tersebut, Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Akhmad Hadian Lukita, menyebut pihaknya menyayangkan kejadian tersebut. Meski begitu, ia juga memaklumi keputusan itu, karena beban yang ditanggung klub selama pandemik COVID-19 ini cukup besar.

"Ini kan kondisi sekarang beberapa klub sudah membubarkan tim. Pertimbangan kita juga bagaimanapun itu kondisi yang berat sih, sekarang. Kami sebetulnya menyayangkan, tapi memaklumi juga kondisi itu," ujar Akhmad saat dihubungi IDN Times, Kamis (7/1/2021).

"Karena memang situasinya tidak jelas, izin belum keluar kan. Kasihan pemain sekarang tidak punya kontrak, tapi klub juga jadi beban kalau harus bayar terus, tidak ada pertandingan kan. Harapan sih, izin segera keluar sehingga ini bisa menjadi solusi," lanjut dia.

1. Kekhawatiran Akhmad jika liga tidak berlanjut

Persipura dan Madura United Bubar, PT LIB MaklumDirektur Operasional PT LIB Sudjarno (kiri) dan Direktur Utama PT LIB Akhmad Hadian Lukita (kanan) berbicara dalam Manager Meeting Extraordinary Competition Shopee Liga 1 2020 di Hotel Sheraton, Bandung, Senin (21/9/2020). (Liga-Indonesia.id)

Akhmad pun berharap, kompetisi Liga 1 dan Liga 2 bisa tetap berlanjut. Ia khawatir, jika kompetisi tidak jalan, ekosistem sepak bola Indonesia bakal hancur. Akan sulit membangun kembali hal tersebut jika itu terjadi.

"Memberikan kepercayaan lagi kepada pihak-pihak pendukung juga butuh waktu. Jadi ekosistem itu kan termasuk media kena pengaruh, enggak ada berita, enggak ada sesuatu yang bisa ditampilkan. Ya enggak ada bisnis kan itu," ujar Akhmad.

"Saya juga lelah dengan kondisi ini. Senang kerja, biasa kerja, sekarang tidak ada pekerjaan jadi stres sendiri. Kalau ada pekerjaan kan kita jadi semangat itu," lanjutnya.

Baca Juga: PPKM Diterapkan, PT LIB: Kami Siap Menggelar Liga 1 dan Liga 2

2. PSSI akan gelar rapat Exco bahas kelanjutan kompetisi

Persipura dan Madura United Bubar, PT LIB MaklumLogo PSSI. (Website/pssi.org)

Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) angkat bicara mengenai nasib kelanjutan kompetisi Liga 1 dan Liga 2. Mereka berencana mengadakan rapat bersama Komite Eksekutif (Exco) pada pertengahan Januari 2021 ini.

Rapat itu nantinya akan membicarakan mengenai kelanjutan kompetisi Liga 1 dan Liga 2. Malah, ada kemungkinan juga jika kompetisi musim 2020 akan diberhentikan dan dilanjutkan ke kompetisi musim 2021.

"PSSI menjadwalkan untuk menggelar rapat Komite Eksekutif (Exco) di pertengahan Januari 2021 untuk memutuskan kelanjutan Liga 1 dan 2 atau memberhentikan liga musim kompetisi 2020 berdasarkan situasi terkini," ujar Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi.

3. Kelanjutan Liga 1 dan Liga 2 bergantung pada perkembangan pandemik COVID-19

Persipura dan Madura United Bubar, PT LIB MaklumLiga-Indonesia.id

Yunus mengungkapkan, dalam rapat terakhir antara PSSI dan Exco, Liga 1 dan Liga 2 direncanakan berlanjut pada Februari 2021. Namun, semua itu masih bergantung pada situasi pandemik COVID-19 di Indonesia. Apalagi, izin dari pihak kepolisian juga belum turun.

"Terkait kompetisi dalam hal ini Liga 1 dan Liga 2 yang belum jalan, rapat Komite Eksekutif (Exco) terakhir memutuskan liga rencana akan diputar oleh PT LIB di bulan Februari 2021. Situasi terkini COVID-19 akan menjadi faktor penentu apakah liga bisa dijalankan atau tidak. Cabang olahraga lain pun demikian, untuk menyelenggarakan kejurnas juga sulit,” kata Yunus.

Baca Juga: Soal Izin Liga 1 dan Liga 2, PT LIB: Masih Dikaji Kepolisian

Topic:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya