Persipura Turun Kasta, Jadi Duka Bagi Kita Semua

Persipura harus turun level ke Liga 2

Jakarta, IDN Times - Liga 1 2021/22 akan dikenang sebagai salah satu momen menyedihkan bagi Persipura Jayapura. Untuk pertama kalinya sejak 1994 silam, mereka terdegradasi dari kompetisi level tertinggi sepak bola Indonesia.

Kepastian itu didapat usai Persipura gagal bersaing dengan Barito Putera dan PSS Sleman. Meski menang di pekan terakhir, raihan poin Persipura belum mampu membawa mereka keluar dari zona degradasi.

Persipura pun menyusul Persela Lamongan dan Persiraja Banda Aceh yang juga dipastikan terdegradasi. Momen haru terasa betul di skuad Persipura. Bahkan, ada beberapa pemain yang mengeluarkan tangisnya.

1. Beberapa pemain Persipura bersedih

Persipura Turun Kasta, Jadi Duka Bagi Kita SemuaPersipura di Liga 1 2021/22. ( ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo)

Usai menaklukkan Persita Tangerang di laga pamungkas Liga 1 2021/22, bukan rasa senang yang didapat Persipura. Para pemain tertunduk lesu, bahkan beberapa di antaranya mengeluarkan tangis, salah satunya pemain muda mereka, Wulf Harota.

Ada juga momen ketika Yustinus Pae dan Ricardo Salampessy, dua pemain senior di Persipura, harus menenangkan para pemain muda mereka yang bersedih. Kenyataan yang pahit, tetapi memang itulah yang terjadi di Persipura sekarang.

Baca Juga: [BREAKING] Persipura Dipastikan Turun Kasta ke Liga 2 

2. Pelatih PSS turut bersedih

Persipura Turun Kasta, Jadi Duka Bagi Kita SemuaPelatih PSS Sleman, I Putu Gede. Twitter/pssleman

Tidak cuma semua elemen di Persipura, tim-tim lain di Liga 1 juga turut mengutarakan kesedihannya perihal terdegradasinya Persipura. Salah satunya adalah pelatih PSS Sleman, I Putu Gede. Menurutnya, Liga 1 musim depan kehilangan satu tim penuh sejarah.

"Liga 1 kehilangan salah satu tim terbaiknya. Tim itu (Persipura) sarat sejarah. Hal ini yang membuat saya sedih. Apalagi, Persipura punya ciri khas. Semoga mereka bisa kembali ke Liga 1," ujar Putu Gede dalam sesi jumpa pers selepas laga PSS lawan Persija.

3. Persipura tambah deretan tim besar yang pernah merasakan degradasi

Persipura Turun Kasta, Jadi Duka Bagi Kita SemuaPersipura di Liga 1 2021/22. ( ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo)

Apa yang dialami Persipura di Liga 1 2021/22 menambah deretan tim-tim besar yang merasakan pahitnya degradasi. Sebelumnya, ada PSIS, Persebaya, Persik, Petrokimia, Sriwijaya FC, dan Semen Padang yang juga pernah merasakan degradasi.

Sekarang, hanya Persija, Persib, dan PSM saja tim-tim besar yang belum pernah merasakan degradasi. Terkhusus musim depan, kita tidak akan menyaksikan lagi aksi-aksi pemain Persipura di gelaran Liga 1.

Baca Juga: Persipura Degradasi, David da Silva Trending di Twitter

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya