Peru Dicoret, Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia U-17?

Wacana ini digulirkan pemerintah

Jakarta, IDN Times - Pengamat sepak bola Indonesia, Akmal Marhali, menyatakan sempat ada wacana unik yang dikeluarkan pemerintah. Wacana ini berupa penukaran gelaran Piala Dunia U-20 dengan U-17 2023.

Wacana ini dikeluarkan agar Indonesia dapat jadi tuan rumah, tanpa kehadiran Israel. Sebab, pada akhirnya, Piala Dunia U-20 2023 batal terlaksana di Indonesia karena kehadiran Israel di ajang tersebut.

"Saya ada kawan yang mendapatkan bocoran di Istana, kita tukar dengan Peru (Piala Dunia U-17). Usulan ini tidak datang dari FIFA. Ternyata ini strategi dari pemerintah," ujar Akmal dalam acara diskusi 'Mencari Solusi Masa Depan Sepak Bola' di DPP PKB, Senin malam (3/4/2023).

1. Ada andil salah satu partai politik

Peru Dicoret, Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia U-17?Ketua Panitia Penyelenggara FIFA U-20 World Cup 2023 (LOC), Erick Thohir lakukan pengecekan ke Stadion Jakabaring (dok.PSSI)

Akmal juga mengungkapkan secara terang-terangan, ada andil salah satu partai politik dalam wacana pertukaran ini. Tidak tanggung-tanggung, Akmal menyebutkan partai tersebut, yakni PDI Perjuangan.

Merunut penjelasan Akmal, Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, menyampaikan kepada Presiden Joko 'Jokowi' Widodo perkara wacana tukar tuan rumah ini. Wacana inilah yang dibawa Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, saat bersua FIFA.

"Memang itu rencana yang ingin disampaikan. Jadi, Pak Erick Thohir datang ke Doha untuk menyampaikan itu, permintaan dari Ibu Megawati. Ini loh, yang kita mau, tukar lah (Piala Dunia U-20 dengan U-17). Karena di U-17 tak ada Israel," ujar Akmal.

Baca Juga: Argentina Tunggu Waktu Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20

2. Win-win solution dari pemerintah

Peru Dicoret, Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia U-17?Stadion Utama Gelora Bung Karno (IDN Times/Herka Yanis)

Akmal menyatakan wacana tukar tuan rumah jadi win-win solution dari pemerintah bagi FIFA. Disebutkan, ada optimisme yang meninggi, Indonesia bisa menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 dan tak ada Israel di situ.

"Saya sempat bilang, hati-hati, Israel masih main di penyisihan. Namun, orang yang kasih saya bocoran ini bilang, udah kita hitung lah Israel tidak lolos ini. Jadi, jika kita jadi tuan rumah Piala Dunia U-17, ada win-win solution," ujar Akmal.

3. Peru batal jadi tuan rumah Piala Dunia U-17

Peru Dicoret, Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia U-17?Bendera Peru. (Pixabay.com/LoggaWiggler)

Uniknya lagi, tidak lama setelah Akmal berucap demikian, FIFA memutuskan untuk mencoret Peru jadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023. Peru dianggap gagal oleh FIFA memenuhi komitmen soal infrastruktur.

Dengan begini, slot tuan rumah untuk Piala Dunia U-17 2023 masih terbuka. Setelah gagal di Piala Dunia U-20, akankah Indonesia mencoba peruntungannya menjadi tuan rumah ajang yang dihelat 10 November hingga 2 Desember 2023 itu?

Baca Juga: FIFA Coret Peru Sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U-17 2023!

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya