Argentina Tunggu Waktu Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Argentina sudah pasti jadi tuan rumah

Jakarta, IDN Times - Argentina kini hanya tinggal menunggu waktu untuk bisa menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Pasca Indonesia mundur, FIFA sudah menyatakan kalau Argentina menjadi satu-satunya negara yang maju dalam pencalonan dan siap secara infrastruktur hingga penyelenggaraan.

Federasi Sepak bola Argentina, AFA, dilansir Doble Amarilla, kini menunggu pengumuman resmi dari FIFA. Mereka merasa yakin pencalonannya berbuah manis karena sepanjang pertemuan yang digelar akhir pekan lalu, FIFA sudah memberikan sinyal positif.

1. Argentina punya modal kuat

Argentina Tunggu Waktu Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20Para penggemar timnas Argentina berkumpul menyamnbut kedatangan Lionel Messi dan rekan-rekannya saat mereka tiba di luar Markas Besar Asosiasi Sepak Bola Argentina, Buenos Aires, Argentina, Selasa (20/12/2022). (ANTARA FOTO/Reuters-Matias Baglietto)

Segala macam jaminan yang diminta FIFA, juga sudah dipenuhi oleh Argentina bersama pemerintahnya. Hal ini pula yang membuat FIFA yakin untuk menunjuk Argentina.

"Hanya Argentina yang secara formal mengajukan diri dan didukung jaminan dari pemerintah," ujar Presiden FIFA, Gianni Infantino, dalam Kongres CONMEBOL di Paraguay akhir pekan lalu.

Baca Juga: Argentina Hampir Pasti Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023

2. FIFA gelar rapat sebelum umumkan Argentina

Argentina Tunggu Waktu Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20Presiden FIFA saat ini, Gianni Infantino (fifa.com)

Infantino bersama Lambert Maltock (Presiden OFC), Sheikh Salman bin Ebrahim Al Khalifa (Presiden AFC), Alejandro Dominguez (Presiden CONMEBOL), Victor Motagliani (Presiden CONCACAF), Aleksander Ceferin (Presiden UEFA), dan Patrice Motsepe (Presiden CAF), akan berdiskusi terlebih dulu.

Mereka bertemu secara virtual untuk membahas situasi terkini Argentina. Kemudian, keputusannya segera diumumkan.

Baca Juga: FIFA Lega Argentina Maju Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023

3. Memang, langganan juara

Argentina Tunggu Waktu Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20Trofi Piala Dunia U-20. (fifa.com)

Argentina memang mengidamkan untuk bisa menggelar Piala Dunia U-20, mengingat tak dapat tiket untuk mentas di 2023. Dengan menjadi tuan rumah, praktis kesempatan untuk berlaga didapat karena statusnya.

Selain ingin menjaga hegemoni dan atmosfer usai juara Piala Dunia 2022, Argentina juga ingin menguji para pemain mudanya di turnamen ini. Memang, mereka juga salah satu langganan juara di Piala Dunia U-20 setelah memenangkannya enam kali (1979, 1995, 1997, 2001, 2005, dan 2007).

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya