Comscore Tracker

Phil Foden Jadi Kartu As Manchester City di Liga Champions Musim Ini 

Phil Foden seperti memainkan peran Messi di Barcelona

Jakarta, IDN Times - Ada masa ketika Pep Guardiola bergantung pada sosok Lionel Messi. Ia sampai memberi peran khusus kepada Messi saat masih melatih Barcelona. Kini, di City, ia tidak perlu khawatir lagi. Ia punya Phil Foden.

Kamu tahu peran false nine? Ya, peran itulah yang Guardiola berikan kepada Messi saat masih menangani Barcelona. Tujuannya untuk menyempurnakan skema yang sudah ia susun sedemikian rupa di Barcelona.

Berkat kemampuan apiknya, Messi menjalankan peran itu dengan sempurna. Alhasil, selama ditangani oleh Guardiola, Barcelona merajai Spanyol dan Eropa. Mereka bahkan pernah meraih enam gelar dalam satu musim.

Nah, selepas Guardiola pergi dari Barcelona, ia belum mampu lagi menguasai panggung Eropa. Banyak pihak menilai, ketiadaan sosok macam Messi saat ia melatih Bayern Muenchen, dan sekarang Manchester City, yang membuatnya belum juga menjuarai Liga Champions.

Sekarang, Guardiola tidak perlu risau. Ada sosok yang mampu memainkan peran Messi di City, yakni Foden. Foden merupakan produk asli dari akademi City.

1. Phil Foden tampil ciamik di perempat final

Phil Foden Jadi Kartu As Manchester City di Liga Champions Musim Ini Pemain Manchester City Phil Foden (kanan) membobol gawang Borussia Dortmund pada pertandingan babak perempat final leg pertama Liga Champions di Stadion Etihad, Manchester, Inggris, Selasa (6/4/2021) waktu setempat. Gol Phil Foden di menit terakhir menjadi penentu kemenangan tipis City 2-1 atas Dortmund. (ANTARA FOTO/REUTERS/Phil Noble)

Panggung perempat final Liga Champions 2020/21 jadi momen di mana Foden unjuk gigi. Dalam dua pertemuan lawan Borussia Dortmund, ia mampu menunjukkan diri sebagai sosok sentral di lini serang City, sekaligus pencetak gol ulung.

Dalam pertemuan di leg pertama, ketika skor imbang 1-1 bertahan bagi kedua tim hingga menit 89, Foden mampu menjadi pemecah kebuntuan. Kerja samanya dengan Ilkay Guendogan sukses ia tuntaskan menjadi gol pada menit 90, membawa City menang 2-1 atas Dortmund di Etihad.

Ketika bertanding di Signal Iduna Park, Foden kembali melakukan hal serupa. Kali ini, bekerja sama dengan Bernardo Silva, ia berhasil menegaskan luka bagi Dortmund lewat golnya di menit 75, dan kembali membawa City menang dengan skor 2-1.

Baca Juga: Guardiola Tak Melarang Sergio Aguero Pindah ke Klub Rival

2. Foden pemain kunci City di Liga Champions

Phil Foden Jadi Kartu As Manchester City di Liga Champions Musim Ini Pemain Manchester City Phil Foden (kanan) berusaha melewati hadangan pemain Borussia Dortmund Mateu Morey pada pertandingan babak perempat final leg pertama Liga Champions di Stadion Etihad, Manchester, Inggris, Selasa (6/4/2021) waktu setempat. Gol Phil Foden di menit terakhir menjadi penentu kemenangan tipis City 2-1 atas Dortmund. (ANTARA FOTO/REUTERS/Phil Noble)

Terlepas dari penampilan ciamiknya di babak perempat final, secara keseluruhan, Foden memang jadi pemain penting bagi City, terutama di ajang Liga Champions 2020/21 ini. Catatan aksi menyerangnya cukup menonjol dibandingkan pemain lain.

Foden jadi pemain dengan rataan umpan kunci per laga tertinggi keempat buat City di Liga Champions, yakni 1,6 kali. Ia juga jadi pemain dengan rataan tembakan per laga tertinggi kedua bagi City di Liga Champions, yakni 2,4 kali.

Tidak lupa pula, sejauh ini Foden sudah menorehkan tiga gol dan dua asis di Liga Champions. Ia jadi topskorer ketiga City di Liga Champions, setelah Ferran Torres dan Ilkay Guendogan.

Di Liga Inggris, Foden juga menorehkan catatan yang baik. Ia jadi pemain dengan rataan umpan kunci per laga tertinggi kelima buat City di liga, yakni 1,3 kali. Ia juga jadi pemain dengan rataan tembakan tertinggi keenam bagi City di liga, yakni 1,5 kali. Ia juga sudah mengemas enam gol dan lima asis di liga sejauh ini.

3. Pujian dari Guardiola bagi Phil Foden

Phil Foden Jadi Kartu As Manchester City di Liga Champions Musim Ini manchestereveningnews.co.uk

Berkat catatan-catatan apiknya ini, Foden pun mengundang pujian dari sang manajer, Guardiola. Sosok asal Spanyol itu mengungkapkan, Foden adalah pemain yang dapat memberikan perbedaan di tim. Ia juga selalu menciptakan kesempatan yang pada akhirnya membantu tim.

"Ia (Foden) selalu menciptakan sesuatu. Ia adalah pemain yang dinamis saat menyerang, tetapi juga baik dalam bertahan dan bermain dalam ruang sempit. Ia juga bisa mengambil keputusan yang tepat di atas lapangan," ujar Guardiola, dilansir situs resmi klub.

Kemampuan Foden ini tentu dibutuhkan Manchester City dalam laga semifinal Liga Champions lawan Paris Saint-Germain (PSG). Tidak hanya itu, Foden juga dapat jadi aset bagi City di masa depan.

Baca Juga: Pep Guardiola: Phil Foden Tidak akan Dijual meski Ditawar 500 Juta!

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya