Comscore Tracker

Piala Afrika 2021: Adu Penalti Loloskan Mesir dan Tundukkan Mali

Mesir lolos, sedangkan Mali tumbang

Jakarta, IDN Times - Piala Afrika 2021 tidak henti-hentinya memberikan keseruan. Terbaru, Mesir dan Equatorial Guinea harus berjibaku sampai adu penalti, untuk memastikan satu tempat di babak perempat final.

Mesir berhasil mengatasi perlawanan ketat Pantai Gading, sedangkan Equatorial Guinea mampu memberikan kejutan dengan menumbangkan Mali. Mereka jadi dua tim terakhir yang sukses menyusul tim-tim lain ke perempat final Piala Afrika 2021.

1. Mohamed Salah jadi penentu kemenangan Mesir

Piala Afrika 2021: Adu Penalti Loloskan Mesir dan Tundukkan MaliMohamed Salah bersama Mesir. (instagram.com/mosalah)

Laga antara Mesir dan Pantai Gading berlangsung seru. Sejak awal babak pertama, kedua tim saling melepaskan serangan. Total, Mesir melepaskan 14 tembakan, sedangkan Pantai Gading melesakkan 10 tembakan. Bintang-bintang dari kedua tim berusaha memberikan yang terbaik.

Akan tetapi, sampai waktu normal tuntas, skor masih 0-0. Begitu juga ketika laga memasuki babak perpanjangan waktu. Alhasil, laga pun harus dilanjutkan ke babak adu penalti. Di babak inilah Mohamed Salah menunjukkan tajinya sebagai bintang Mesir.

Maju sebagai eksekutor terakhir, Salah sukses menunaikan tugas dengan baik dan membawa Mesir menang 5-4. Hal ini juga tidak lepas dari kegagalan bek Manchester United, Eric Bailly, dalam mengeksekusi penalti. Mesir pun melaju ke babak perempat final.

Baca Juga: Sadio Mane Tumbang Usai Benturan di Kepala, Liverpool Cemas

2. Mali harus tumbang di tangan Equatorial Guinea

Piala Afrika 2021: Adu Penalti Loloskan Mesir dan Tundukkan MaliMali berhasil mengalahkan Tunisia 1-0 dalam laga penyisihan Piala AFrika 2021. (goal.com).

Di laga lain, Mali sejatinya tampil dominan melawan Equatorial Guinea. Mereka sukses melepaskan 11 tembakan (berbanding lima milik Equatorial Guinea), serta menguasai bola sebanyak 58 persen (berbanding 42 persen milik Equatorial Guinea).

Akan tetapi, Mali benar-benar kesulitan menembus lini pertahanan Equatorial Guinea. Alhasil, skor kaca mata bertahan sampai laga tuntas. Begitu juga di babak perpanjangan waktu, tidak ada perubahan. Laga pun berlanjut ke babak adu penalti.

Di babak ini, rupanya Mali sudah kehilangan fokus. Tiga pemain mereka, Massadio Haidara, Hamari Traore, dan Fataye Sacko, gagal mengeksekusi penalti. Equatorial Guinea menang 6-5 setelah Santiago Eneme sukses melaksanakan tugasnya dengan baik.

3. Daftar tim yang lolos ke perempat final Piala Afrika 2021

Piala Afrika 2021: Adu Penalti Loloskan Mesir dan Tundukkan Malibendera peserta Piala Afrika 2021 (cafonline.com)

Equatorial Guinea dan Mesir melengkapi deretan tim yang sukses lolos ke babak perempat final Piala Afrika 2021. Babak perempat final sendiri rencananya akan dihelat mulai tanggal 29 Januari hingga 31 Januari 2022.

Berikut adalah daftar sekaligus jadwal laga perempat final Piala Afrika 2021.

Sabtu (29/1/2022)

Gambia vs Kamerun (23.00 WIB)

Minggu (30/1/2022)

Burkina Faso vs Tunisia (02.00 WIB)
Mesir vs Maroko (22.00 WIB)

Senin (31/1/2022)

Senegal vs Equatorial Guinea (02.00 WIB)

Baca Juga: Piala Afrika: Kemenangan Kamerun Diwarnai Kericuhan, 6 Orang Tewas

Topic:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya