Piala Afrika 2021: Kejutan Tunisia dan Burkina Faso

Tunisia dan Burkina Faso gemilang

Jakarta, IDN Times - Babak 16 besar Piala Afrika 2021 mulai dihelat pada Minggu (23/1/2022). Baru dua laga digelar, kejutan sudah hadir. Dua tim, Burkina Faso dan Tunisia, sukses menundukkan lawan-lawan berat.

Burkina Faso berhasil menundukkan Gabon setelah melalui laga sengit, sementara Tunisia berhasil menaklukkan salah satu kandidat juara, Nigeria. Pertempuran masing-masing tim juga diwarnai oleh banyak insiden-insiden menarik.

1. Burkina Faso berjuang keras lawan 10 pemain Gabon

Piala Afrika 2021: Kejutan Tunisia dan Burkina Fasopotret skuad Burkina Faso (scoutafrica.net)

Meski tidak diperkuat dua pemain andalannya, yaitu Pierre-Emerick Aubameyang dan Mario Lemina, Gabon mampu tampil apik di laga 16 besar lawan Burkina Faso. Bahkan, saat mereka harus bermain dengan 10 orang usai Sidney Obissa mendapatkan kartu merah, Gabon tetap ciamik.

Tercatat, Gabon bahkan menguasai laga, dengan rincian 18 tembakan (berbanding 16 milik Burkina Faso) serta menguasai bola dengan persentase 53 persen (berbanding 47 persen milik Burkina Faso). Mereka juga sempat mengejar ketertinggalan di menit-menit akhir.

Burkina Faso sendiri sempat unggul lewat gol Bertrand Traore pada menit 28. Namun, Gabon akhirnya menyusul usai pemain Burkina Faso, Adama Guira, melakukan gol bunuh diri. Laga berlanjut ke perpanjangan waktu, sampai akhirnya ke babak adu penalti.

Di babak inilah, Burkina Faso menunjukkan kekuatan mentalnya dan menang dengan skor 7-6. Mereka pun mempertahankan rekor apik, yakni lolos ke babak perempat final Piala Afrika sebanyak tiga kali sejak 2013 lalu. Mereka selalu jadi kekuatan yang mengejutkan.

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Tak Lolos ke Babak 16 Besar Piala Afrika 2021

2. Tunisia mengejutkan Nigeria

Piala Afrika 2021: Kejutan Tunisia dan Burkina Fasogoal.com

Di pertandingan lain, kejutan juga dihadirkan Tunisia. Bersua Nigeria yang lolos sebagai juara grup, Tunisia mampu meraih kemenangan atas Nigeria dengan skor tipis 1-0. Mereka mampu tampil efektif menghadapi Nigeria yang begitu dominan.

Tunisia tercatat hanya menorehkan tujuh tembakan di laga ini, jauh dibandingkan Nigeria yang menorehkan 13 tembakan. Mereka juga mencatatkan penguasaan bola yang lebih sedikit, yakni 46 persen, berbanding 54 persen penguasaan bola yang ditorehkan Nigeria.

Meski begitu, Tunisia mampu menorehkan keunggulan berkat torehan Youssef Msakni pada menit 47. Nigeria juga sedikit kesulitan di laga ini lantaran mereka harus main dengan 10 pemain. Kekalahan ini pun lagi-lagi mengubur impian Nigeria untuk menjadi juara Piala Afrika.

3. Laga-laga seru lain di 16 besar Piala Afrika 2021

Piala Afrika 2021: Kejutan Tunisia dan Burkina Fasotrofi Piala Afrika (africa-online.com)

Babak 16 besar Piala Afrika 2021 masih menyimpang beberapa laga seru. Ada Kamerun yang akan bersua tim kejutan Komoros, serta Senegal yang akan bersua Cape Verde.

Pada Rabu (26/1/2022) nanti, ada Pantai Gading yang bakal bersua Mesir. Laga-laga seru di babak 16 besar Piala Afrika 2021 ini tetap berpotensi menghadirkan kejutan tersendiri.

Baca Juga: Gagal di Piala Afrika, 5 Pemain Liga Inggris Ini Bisa Kembali ke Klub

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya