Piala Dunia U-20 2021 Ditunda, Menpora Segera Temui Menko PMK

Menpora juga menghormati keputusan FIFA

Jakarta, IDN Times Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) merespons batalnya ajang Piala Dunia U-20 2021 digelar di Indonesia. Setelah adanya kabar tersebut, mereka langsung mengagendakan rapat dengan elemen-elemen terkait, termasuk dengan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemenko PMK).

Melalui pernyataan resmi FIFA pada Kamis (24/12/2020), ajang Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia dipastikan tak jadi digelar. Pandemik COVID-19 yang masih belum mereda jadi alasan FIFA menunda ajang tersebut. Namun, Indonesia tetap akan jadi tuan rumah pada 2023 nanti.

"FIFA memutuskan untuk menunda gelaran Piala Dunia U-20 di tahun 2021. Namun, Indonesia akan tetap menjadi tuan rumah di tahun 2023," ujar FIFA dalam pernyataan resminya, Kamis (24/12/2020).

1. Menpora hormati keputusan FIFA

Piala Dunia U-20 2021 Ditunda, Menpora Segera Temui Menko PMKZainudin Amali (IDN Times/Panji Galih Aksoro)

Melalui keterangan resminya, Menpora Zainudin Amali memahami keputusan yang diambil FIFA tersebut. Apalagi, COVID-19 saat ini masih merebak di seluruh dunia. Pemerintah juga menghormati FIFA yang memberi apresiasi atas kesungguhan Indonesia dalam mempersiapkan Piala Dunia U-20 2021.

"Pemerintah sangat menghormati FIFA karena sebelum keputusan tersebut diambil telah lebih dahulu mempertimbangkan berbagai aspek dan mengapresiasi kesungguhan Pemerintah Indonesia bersama PSSI sebagai LOC yang telah melakukan berbagai langkah persiapan bagi suksesnya penyelenggaraan FIFA U-20 World Cup 2021," ujar Zainudin dalam keterangan resminya, Jumat (25/12/2020).

"Untuk itu Saya menyampaikan terima kasih kepada PSSI yang telah bekerja sama dengan Pemerintah (pusat & daerah) dalam persiapan selama ini," tambahnya.

Baca Juga: [BREAKING] Piala Dunia U-20 di Indonesia Ditunda Hingga 2023

2. Menpora akan langsung berkoordinasi dengan Menko PMK

Piala Dunia U-20 2021 Ditunda, Menpora Segera Temui Menko PMKZainudin Amali, Menpora RI dalam acara Ngobrol Seru by IDN Times dengan tema "Otomotif di Tengah Pandemik COVID-19, Seperti Apa?" (IDN Times/Besse Fadhilah)

Selepas keputusan penundaan itu diumumkan, Zainudin menyebut bahwa Menpora langsung melaporkan hal itu pada Menko PMK. Langkah selanjutnya, Menpora akan menggelar rapat koordinasi bersama Menko PMK, beserta beberapa pihak terkait, termasuk PSSI dan pemerintah daerah. Rapat ini rencananya akan digelar minggu depan.

"Beberapa hal penting yang akan dibahas antara lain: penjelasan lengkap tentang penundaan event tersebut, update dan kelanjutan renovasi sejumlah stadion dan lapangan latihan serta update dan kelanjutan pembinaan Timnas Indonesia yang sudah dipersiapkan, yang tentu saja diperkirakan akan berubah (disesuaikan usia pada saat itu) karena event tersebut berlangsung di tahun 2023." ujar Zainudin.

"Pada tahun yang sama , Indonesia juga akan menjadi tuan rumah (co-host) Piala Dunia FIBA tahun 2023. Setelah rapat koordinasi minggu depan, Menko PMK dan Menpora akan langsung menyampaikan laporan lengkapnya kepada Bapak Presiden," lanjut dia.

3. FIFA resmi tunda gelaran Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia

Piala Dunia U-20 2021 Ditunda, Menpora Segera Temui Menko PMK

FIFA secara resmi menunda gelaran Piala Dunia U-20 2021. Melalui keterangan resminya, mereka menyebut bahwa penundaan ini merupakan buah dari pandemik COVID-19 yang masih melanda dunia.

FIFA tak begitu saja melepaskan hak Indonesia sebagai tuan rumah, meski Piala Dunia U-20 2021 dibatalkan. Gelaran turnamen antar negara usia muda itu bakal bisa digelar di tanah air pada 2023 mendatang.

"FIFA memutuskan untuk menunda gelaran Piala Dunia U-20 di tahun 2021. Namun, Indonesia akan tetap menjadi tuan rumah di tahun 2023," ujar FIFA dalam pernyataan resminya, Kamis (24/12/2020).

Selain menunda gelaran Piala Dunia U-20, FIFA juga memutuskan untuk menunda gelaran Piala Dunia U-17 di Peru. Namun, sama seperti Indonesia, Peru akan tetap menjadi tuan rumah di tahun 2023 nanti.

Baca Juga: PSSI Hormati Keputusan FIFA Tunda Piala Dunia U-20 2021 

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya